Twitter Segera IPO

Jejaring sosial yang terkenal dengan logo burung berwarna biru, Twitter, akan segera mengikuti jejak Facebook untuk terjun ke lantai bursa dan menjadi perusahaan publik. Keputusan Initial Public Offering (IPO) yang dibuat Twitter, diprediksi akan menambah aset dan pendapatannya.

Twitter diprediksi memiliki valuasi nilai lebih dari US$ 10 miliar.

Dikutip dari laman The Verge, Twitter memiliki valuasi nilai lebih dari US$ 10 miliar. Dana yang didapat dari hasil IPO tersebut akan menjadi tambahan untuk pengembangan layanan, termasuk membangun produk, mengejar iklan, dan merekrut talenta berbakat agar tetap bersaing dengan raksasa internet lain.

“Tekad kami sudah bulat dengan mendaftar ke SEC (US Securities and Exchange Commission) untuk rencana penawaran saham publik,” demikian pernyataan Twitter yang dirilis lewat Tweet resminya.

Masih menurut The Verge pada Jumat (13/9), Goldman Sachs akan bertanggung jawab terhadap proses IPO yang dilakukan Twitter, dan saham perdana akan melantai pertama kali di Bursa Saham New York. Untuk menyambut IPO, kabarnya Twitter akan merilis dokumen keuangan untuk memasarkan penawaran saham yang disebut oleh Twitter sebagai Road Show.

Sementara itu, dikutip dari portal cnn.com, dalam mempersiapkan masuknya Twitter ke lantai bursa, perusahaan ini tampaknya dipermudah dengan adanya peraturan yang baru ditandatangani oleh pemerintahan Barack Obama yaitu, Job Act. Di dalamnya terdapat aturan mengenai perusahaan dengan pendapatan kurang dari US$ 1 miliar bisa menawarkan saham perdananya tanpa harus merilis dokumen keuangan yang biasa dilakukan oleh perusahaan lain sebelum penawaran perdana saham.

Rumor Twitter akan IPO santer dibicarakan sejak tahun 2012 lalu (2012), terutama sejak Facebook (FB) IPO per Mei 2012. Ditambah kondisi perusahaan micro-blogging yang sedang naik daun. Di tahun yang sama, Twitter juga dikabarkan sanggup meraup pendapatan hingga US$ 350 juta.

Twitter mengalami ledakan populasi dan tingkat penggunaan sejak pertama kali muncul di tahun 2006. Bahkan, per bulan Maret (2013) Twitter sudah memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Di bulan Agustus 2013, Twitter sempat mencetak rekor 143.199 tweetper detik sepanjang acara televisi di Jepang.
Tags:
twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)