Pasar sepeda motor skutik di Tanah Air terbilang seksi. Yamaha Mio contohnya, yang tercatat menembus angka penjualan sekitar 7 juta unit sejak dipasarkan pertama kali di 2003 silam. Tidak terbatas gender, varian dari Yamaha ini mampu menyaring peminat dari pria maupun wanita. Padahal, dikatakan Dyonisius Beti, Wakil Presiden Direktur Eksekutif PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), awalnya produk ini dikhususkan untuk wanita.

Sepanjang tahun 2012 lalu, Mio J terjual 605.833 unit. Sementara, pada periode kuartal pertama 2013, total penjualan mencapai 161.866 unit. Secara keseluruhan, hingga April 2013 Mio sudah membukukan total penjualan sebanyak lebih dari 7 juta unit.

Perempuan yang akrab disapa Dyon itu mengatakan, Mio pertama kali diposisikan sebagai sepeda motor untuk wanita dengan desain kompak dan bobot yang ringan. "Momentumnya sangat pas, banyak pemimpin wanita yang tampil kala itu mulai dari CEO sampai kita punya presiden wanita juga. Wanita jadi mau lebih tampil," jelas Dyon dalam siaran pers yang diterima MIX pada Senin, (20/5).

Pihak Yamaha Indonesia mengaku, pada tahun perdananya, Mio hanya terjual 2.972 unit, tetapi setahun kemudian melejit sampai 46.045 unit. Setiap tahun penjualan semakin bertambah sampai menembus 1 juta unit pada 2009. Sepanjang tahun 2012 lalu, Mio J terjual 605.833 unit,dan menjadi model terlaris Yamaha. Sementara, pada periode kuartal pertama 2013, total penjualan mencapai 161.866 unit.

Namun secara keseluruhan, Yamaha mengklaim, sampai April 2013 Mio sudah membukukan total penjualan sebanyak lebih dari 7 juta unit. "Posisi Mio juga kini sudah berubah bukan hanya sekedar model, tetapi jadi sub merek yang memayungi beragam model yang ada di bawahnya," lanjut Dyon.

Upaya marketing yang dilakukan Yamaha lewat Mio juga menuai sejumlah apresiasi, salah satunya adalah munculnya beragam komunitas Mio yang kuat dan berbasis di berbagai daerah. “Komunitas Yamaha itu banyak sekali, dan komunitas Mio adalah salah satunya yang sangat mengagumi keberadaan motor ini di Indonesia. Kami sangat memperhatikan komunitas dengan baik dan selalu berkomunikasi dengan mereka,” tutur Dyon.

Senada dengan Dyon, Eko Prabowo, GM Pemasaran. Komunikasi dan Pengembangan Komunitas YIMM menambahkan, sukses Mio tidak lepas dari perubahan tren sepeda motor di pasar dari jenis bebek ke skutik. ”Mio Fino dan Mio J meluncur tahun lalu, menyusul Mio GT tahun ini yang mendapatkan respon positif dari konsumen,” pungkas Eko.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)