Agar Merek Lokal Menasional

Pertanyaan :

Bagaimana strategi marketing communications yang dapat dilakukan merek-merek lokal supaya menasional? Apakah pendekatan IMC dapat membantu strategi yang dijalankan?

Tut Wuri H (21), seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Marketing dari universitas swasta di Yogyakarta, wuri***@gmail.com

Jawaban :
Oleh Maya Watono, Direktur Dwi Sapta Group dan Penulis Buku IMC That Sells (2011)

Merek-merek lokal Indonesia berpotensi besar menjadi merek nasional. Untuk membangun sebuah merek dengan baik (lokal maupun nasional), kita harus kembali ke konsep dasar marketing 4Ps (Product, Price, Promotion, Place) dan STP (Segmentation, Targeting, Positioning). Apakah konsep produk sudah benar? Bagaimana dengan harga dan konsep promosinya? Apakah distribusinya sudah merata dan maksimal? Bagaimana pula dengan konsumennya yang harus kita petakan dengan STP?

Maya Watono

Untuk mengembangkan merek-merek lokal menjadi merek nasional, kita harus mengkaji apakah produk memang bagus dan berkualitas? Apakah produk mempunyai atribut unik yang belum ada di merek-merek nasional? Apakah ada demand di pasar nasional untuk produk semacam ini? Untuk menjawab berbagai pertanyaan itu, kita harus melakukan product concept test di beberapa kota di Indonesia, terutama kota-kota besar di Pulau Jawa sebagai kontributor penjualan nasional terbesar. Setelah produk dirasa mantap untuk menasional, konsep IMC dapat membantu merek-merek lokal menjadi nasional.

Banyak merek-merek nasional yang sekarang berkibar berawal dari merek lokal seperti Tolak Angin dari PT Sido Muncul yang merupakan salah satu client Dwi Sapta Group. Pada awal 1980-an, Tolak Angin masih berada dalam stigma produk jamu tradisional yang dianggap kuno. Saat itu, Bapak Irwan Hidayat, Presiden Direktur PT Sido Muncul, memahami apa yang dirasakan konsumen sehingga agar produk dapat lebih diterima di pasar, Tolak Angin melakukan inovasi produk dengan mengubah bentuk dari tablet bulat hitam menjadi serbuk, dan akhirnya menjadi bentuk cair sampai sekarang. Harga Tolak Angin dikaji ulang dan distribusinya diperbaiki.

Dari segi komunikasi, dilakukanlah re-positioning, sehingga Tolak Angin tidak lagi dipersepsikan sebagai jamu, melainkan sebagai produk herbal berkualitas. Proses pembuatannya higienis dan diakui dunia farmasi modern. Socioeconomic Status (SES) target konsumen yang dibidik pun diubah naik agar produk bisa “naik kelas.” Daya beli segmen bawah yang kecil dinilai akan mempersempit ruang gerak dan potensi penjualan. Strategi komunikasi pemasaran pun diarahkan lebih untuk target market menengah ke atas dengan menggunakan endorser papan atas. Untuk meningkatkan brand image, komunikasi dilakukan untuk menunjukan keunggulan pabrik yang berkualitas serta mengusung konsep kecintaan dan kepedulian sosial terhadap Tanah Air.

Pada implementasi strategi IMC, Brand Soul dan Selling Idea dari produk harus kuat. Brand soul merupakan unique value proposition yang menjawab kebutuhan konsumen dan tidak dimiliki oleh pesaing di pasar. Brand Soul harus diterjemahkan menjadi Selling Idea yang menjadi “anchor” dari keseluruhan kampanye komunikasi yang akan dijalankan. Misalnya untuk Tolak Angin, Selling Idea-nya adalah “Orang Pintar Minum Tolak Angin.” Selling idea harus disampaikan kepada target audience dengan pesan pemasaran yang atraktif dan relevan.

Agar pesan pemasaran efektif menjangkau benak konsumen, kita harus memilih touch point yang sesuai untuk produk yang hendak dipromosikan dan target market kita. Seluruh aspek komunikasi pemasaran harus disatukan dalam satu pesan yang sama, yang terus dikomunikasikan secara konsisten sehingga tercipta efek penguatan dan melahirkan pemahaman mendalam.

Seringkali merek lokal terkendala marketing budget saat akan membuat program kampanye yang menasional. Adakah tips kampanye yang hemat?

Pages: 1 2
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 thought on “Agar Merek Lokal Menasional”

thanks for sharing bu... Berguna sekali untuk kami yang sedang merintis merk lokal. Kalau sempat mampir yaa ke Proudly Indonesian Kami senang kalau ibu mau beri masukan... Salam
by poppy, 07 Jan 2013, 13:35

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)