Imunicare, Klinik Imunisasi Bio Farma

Sesungguhnya  ada atau tidak ada tugas baru pengadaan vaksin Covid-19,  Bio Farma selalu memperbarui komitmennya dalam meningkatkan kinerja perusahaan sekaligus memperkuat ekuitas mereknya. Bio Farma mencanangkan beragam strategi inovasi, percepatan produk baru, penambahan pangsa pasar dalam negeri dan global serta peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia, termasuk peningkatan pelayanan akses vaksinasi untuk masyarakat melalui Imunicare.

Imunicare adalah layanan baru sebagai wujud komitmen Bio Farma menjaga kemandirian industri vaksin sekaligus menjaga kesehatan keluarga Indonesia. Diperkenalkan sejak 2018 dan efektif berjalan 2019, menurut Direktur Pemasaran Bio Farma Sri Harsi Teteki, Imunicare merupakan klinik imunisasi Bio Farma. Layanan ini didirikan dalam rangka mendekatkan pelayanan Bio Farma ke masyarakat agar masyarakat mendapatkan akses dan solusi untuk meningkatkan imunitas dengan harga terjangkau dan ketersediaan jenis vaksin yang lengkap, serta terjamin kualitas dan keaslian produknya. Melalui Imunicare, Bio Farma membantu meningkatkan cakupan imunisasi nasional program Kementrian Kessehatan dan BUMN di Tanah Air.

Menurut Sri Harsi Teteki, layanan Imunicare berbasis customer focus dan friendly experiences, sehingga masyarakat dari segala usia tidak perlu khawatir atau takut tidak mendapatkan imunisasi. Dengan tagline Solution to Immunity’,  Imunicare  hadir memberikan solusi bagi masyarakat, terutama yang akan bepergian ke luar negeri, termasuk vaksin untuk ibadah haji dan umroh.

Imunicare  ditargetkan hadir di seluruh provinsi di Indonesia. Sebagai langkah awal, Bio Farma mulai membuka Imunicare di Medan dan Denpasar—sebagai kantor cabang. “Kami berencana untuk membuka Imunicare di 25 lokasi, dengan sistem kemitraan bersama klinik, rumah sakit BUMN maupun swasta," ujar Sri Harsi Teteki.

Mekanisme kemitraan ini, lanjut Sri Harsi Teteki, dilakukan dengan meng add-on-kan Imunicare ke klinik yang sudah ada, atau dengan kata lain, klinik yang bersangkutan menambah pelayanan vaksinasi dari Imunicare. "Sehingga layanan klinik tersebut akan bertambah dari layanan kuratif menjadi layanan kuratif dan preventif,” katanya.

Imunicare akan dibuka melalui sistem kemitraan. Setiap calon mitra yang akan bekerja sama dengan Bio Farma akan mendapatkan pelatihan-pelatihan terkait pengelolaan vaksin. “Kami akan memberikan standar-standar pelayanan dari vaksinasi kepada semua calon mitra," lanjutnya.

Pelatihan itu terkait dengan produk seperti sistem rantai dingin (cold chain system), pengolahan limbah, dan dukungan informasi dan teknologi, terutama mengenai product knowledge termasuk Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) kepada tenaga medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)