Ketika Brand Endorser Tak Harus Selebritis

Apakah Anda pernah berpikir untuk memanfaatkan influencer untuk bisnis Anda? Mendapat rekomendasi dari para ahli di bidang bisnis terkadang dapat menjadi hal yang menakutkan, terutama bagi para pemilik bisnis baru. Meskipun membangun brand di sosial media dapat meningkatkan awareness, namun akan lebih baik jika brand Anda juga di endorse oleh influencer.

endorsement

Strategi menggaet influencer non-selebritis sebagai endorser brand

Susan Gilbert, dalam artikelnya yang dirilis oleh situs www.business2community.com mengungkapkan bahwa tidak perlu takut bila brand Anda belum mampu menjadikan sosok selebritis maupun atlet sebagai endorser. Anda dapat menjadikan blogger, konsultan bisnis, jurnalis atau orang-orang lain yang memiliki pengaruh besar di dunia online sebagai endorser bisnis Anda. Mereka dapat secara langsung mempengaruhi konsumen untuk membeli produk Anda.

Jejaring yang Anda miliki merupakan titik awal penting ketika memulai proses mencari endorser. Mulailah dengan membuat daftar yang berisi siapa-siapa saja yang sedang terkoneksi dengan bisnis Anda, lalu telusurilah mereka. Informasi ini dapat Anda dapatkan dari daftar subscriber brand Anda di jejaring sosial, terutama di LinkedIn.

Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah email atau pesan di sosial media yang bersifat profesional, terbuka, dan bersahabat tanpa diisi oleh konten sales pitch. Para individu yang Anda hubungi tersebut kemungkinan besar menjual produk atau layanan yang sama dengan brand Anda, sehingga Anda dapat membangun sebuah hubungan relasi melalui komen blog, membagi artikel mereka, berinteraksi dengan sosial media, dan sebagainya sebelum Anda secara langsung mendekati mereka. Permintaan Anda harus selalu mencakup insentif berupa endorsement bagi mereka. Hal ini bertujuan agar kemungkinan Anda untuk mendapat respon positif meningkat.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk membuat para influencer tertarik meng-endorse brand Anda:

- Promosikan konten mereka di website Anda: pelajari perusahaan atau individu yang menarik Anda lalu sisipkan sedikit konten mereka di dalam sebuah artikel yang ditayangkan website Anda. Hal ini bisa berupa buku, video, presentasi, dan sebagaianya. Fokuslah pada prestasi terkini dari calon influencer Anda. Setelah Anda mempublikasi postingan, berikan tautan kepada sosial media mereka untuk membangun hubungan dan memulai percakapan.

- Menanyakan opini mereka: Strategi pendekatan lainnya adalah bertanya kepada para influencer mengenai opini mereka pada topik spesifik, yang mana dapat menjadi sebuah kesempatan untuk berbagi artikel yang kemungkinan besar akan dibaca oleh pemimpin di industri Anda.

- Jejaring online dan offline: Sempatkanlah waktu untuk menghadiri acara khusus di bidang Anda sepanjang tahunnya. Followup adalah kunci utama ketika berpartisipasi di dalam aktivitas-aktivitas ini. Sementara itu mempertahankan komunikasi tidak hanya dapat membuat Anda mampu membangun relasi dengan orang hebat, namun juga meningkatkan awareness brand Anda.

- Bersikap sopan dan berterima kasih : Ketika bisnis Anda telah mempunyai koneksi yang tepat dan para influencer telah setuju untuk meng-endorse brand Anda, pastikan Anda tidak lupa mengucapkan terima kasih. Anda juga dapat menawarkan sesuatu hal yang bernilai sehingga mereka akan terus ingat. Dengan demikian, kemungkinan mereka untuk merekomendasikan perusahaan Anda ke relasinya menjadi lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)