Strategi Branding BNI di Java Jazz Festival

Musik selalu dinilai efektif sebagai kanal branding sebuah merek. Terbukti, hajatan besar berupa Java Jazz Festival rutin digelar setiap tahunnya sejak 15 tahun silam dengan didukung merek-merek ternama. Salah satunya, BNI, yang sejak awal menjadi sponsor utama.

Tahun ini, BNI Java Jazz Festival 2019 kembali digelar mulai 1 Maret hingga 3 Maret 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Kali ini, tema Broadway dihadirkan pada BNI Java Jazz Festival 2019. Pada kesempatan itu, diusung juga misi "Music Unites Us All".

"Saat tahun pertama Java Jazz Festival dimulai, pada saat orang banyak yang tidak percaya sama konsep kami, BNI lah salah satu perusahaan yang mendukung kami. Kami akan coba terus jalankan hubungan dengan BNI dan sponsor lain yang sejak awal sudah dukung kami," ujar Direktur Utama PT Java Festival Production Dewi Gontha.

Melalui Java Jazz Festival, BNI memperkenalkan sekaligus mengedukasi market tentang evolusi produk-produk perbankan yang dikembangkan BNI. Pada Java Jazz Festival 2014 hingga 2016 misalnya, BNI memperkenalkan uang elektronik dalam bertransaksi di area festival dengan nama Kartu TapCash, dengan beragam varian yang mengangkat budaya leluhur tanah air (motif batik hingga barong Bali).

Lalu pada Java Jazz Festival 2017, BNI kembali memperkenalkan produk Dompet Elektroniknya yang saat itu memang sedang booming. Kemudian pada Java Jazz Festival 2018, BNI juga memperkenalkan produk berupa Aplikasi Pembayaran Multi Sumber Pembayaran yang saat itu baru BNI yang memiliki.

Diungkapkan Direktur Retail Banking BNI Tambok P. Setyawati, “Setiap tahunnya, BNI selalu berinovasi dan membawa hasil inovasi ini pada gelaran Java Jazz Festival. Pada Java Jazz Festival 2019 ini, BNI menghadirkan gelang Tapcash, Smart Kiosk, Digital Open Account, dan Vending Machine TapCash yang akan semakin membuat penonton nyaman saat datang ke area BNI Java Jazz Festival 2019."

Diyakini Dewi Gontha, satu hal yang tak kalah penting dalam perjalanan 15 tahun Java Jazz Festival adalah peran sponsor yang membentuk dan membesarkan festival musik ini sehingga menjadi agenda penting setiap tahunnya. "Pada awal kami ingin meyakinkan orang agar bisa menonton Java Jazz Festival, sponsor sangat membantu dalam mensubsidi harga tiket, sehingga harga tiket yang kami jual dapat lebih terjangkau," ujarnya.

Menandai kerja sama di tahun yang ke-15 ini, BNI menghadirkan teknologi perbankan terkini melalui gelang TapCash. Setiap pengunjung akan menggantikan lembaran tiket kertas dengan Gelang TapCash sebagai akses masuk dan dapat juga dipergunakan sebagai alat transaksi.

BNI Java Jazz Festival 2019 di usianya yang ke-15 tetap konsisten pada tujuan utamanya, yakni mempromosikan Indonesia melalui musik. "Kalau panggung, sama seperti tahun lalu, yakni ada 11 panggung termasuk Stage Bus. Kalau untuk jumlah musisi grup asing ada 35 grup, untuk Indonesia-nya kurang lebih 65 grup," pungkas Dewi Gontha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)