Sembilan Tren AI Marketing di 2020

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dipredikasi akan makin banyak digunakan pemasar dalam strategi pemasaran di 2020. Bahkan, inovasi AI ini akan makin variatif dan marak di tahun ini. Sejatinya, tren AI Marketing diharapkan memberikan dampak yang cukup besar pada bisnis di tahun ini.

Dikutip dari www.forbes.com, Forbes Agency Council memaparkan sembilan tren AI potensial yang akan menguat di kancah pemasaran pada tahun 2020. Berikut ini adalah sembilan tren AI Marketing di 2020 yang disarikan dari sembilan praktisi pemasaran.

#1 Buyer Profiling AI sekarang memperkuat segmentasi pelanggan, pemberitahuan push, pelacakan klik, penargetan ulang, dan pembuatan konten. Pemasar menggunakan AI untuk rekomendasi produk dan kampanye pemasaran. Mereka juga akan dapat menggunakan intelijen untuk membuat profil pembeli berdasarkan perilaku dan tindakan. Selain itu, pada tahun 2020, pemasar akan terus menggunakan AI untuk meningkatkan layanan pelanggan. (Alex Membrillo, Cardinal Digital Marketing)

#2 Insights-Driven Retention And Loyalty

Peluang yang jelas dan kuat bagi pemasar untuk menciptakan nilai bagi konsumen dan pemangku kepentingan adalah memanfaatkan AI untuk retensi dan loyalitas pelanggan. Hal ini berlaku terutama untuk retailers, produsen dengan platform langsung ke konsumen dan dengan program customer relationship management yang kuat, di mana menggabungkan data dari berbagai sumber dapat menghasilkan insight yang bermakna untuk memahami bagaimana cara mendorong pelanggan kembali bertransaksi. (Luigi Matrone, eBusiness Institute)

#3 Real-Time Customer Interaction Across Every Channel Salah satu kemungkinan menarik yang dimiliki AI untuk pemasaran dan pemasaran ritel adalah kemampuannya untuk mengelola interaksi pelanggan secara real-time di setiap saluran. Sering kali, perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan bergantung pada seberapa baik merek dapat memodifikasi taktik mereka dalam menanggapi umpan balik pelanggan. Untuk merek yang mau mendengarkan, AI menjanjikan harta karun berupa data pelanggan yang bermakna. (Mary Ann O'Brien, OBI Creative)

#4 Real-Time Marketing Banyak tren menarik yang kami hadapi, tetapi sepertinya real-time marketing akan menjadi sesuatu di tahun 2020. Mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan sudah membantu pemasar memahami dengan tepat bagaimana perilaku pelanggan. Saya pikir, AI akan semakin banyak digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan penyampaian pesan yang kustom kepada pelanggan yang tepat dan pada waktu yang tepat. (Solomon Thimothy, OneIMS)

#5 Voice-First Search Dengan teknologi AI berkekuatan suara yang terus tumbuh seperti Siri dan Cortana, tidak mengherankan bahwa kita berada di jalur cepat menuju permintaan pencarian yang menggunakan teknologi bersuara. Berangkat dari fakta ini, pemasar pada tahun 2020 perlu memanfaatkan tren tersebut dengan mengikuti konten mereka dan strategi SEO seputar cara konsumen berbicara dan pikirkan. Misalnya, "Bagaimana Anda membuat pizza di rumah?" (Adam Binder, Creative Click Media)

#6 Automation And Ad Targeting Tools Otomasi pemasaran muncul sebagai kata kunci bisnis pada tahun 2019. Sekarang, dengan lebih banyak startup yang muncul di ceruk pasar, tahun 2020 tidak akan berbeda. Dikombinasikan dengan alat penargetan iklan (Ad Targeting Tools) canggih yang secara efektif akan menemukan audiens dan secara signifikan menurunkan anggaran perusahaan, AI akan terus berkuasa di dunia pemasaran dan bisnis. (Ashar Jamil, Digitally Up)

#7 A Personalized Approach Ketika customer engagement (keterlibatan pelanggan) datang, waktu adalah segalanya. Menurut penelitian terbaru kami, 65% konsumen berharap bahwa dalam lima tahun, email pemasaran akan sepenuhnya disesuaikan untuk mereka pada saat tertentu. Ini memberi tahu kami bahwa mengirim optimasi waktu, menggunakan data historis untuk mengirim pesan digital kepada individu ketika mereka kemungkinan besar terlibat, akan memiliki dampak yang meningkat pada tahun 2020. (Camille Nicita, Gongos, Inc)

#8 Developing Content Strategies Meskipun kreatif, penulis sering kesulitan dan menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan strategi konten, terutama yang didukung oleh data. A-Powered Tools dapat mengembangkan strategi yang didukung oleh hasil nyata jauh lebih cepat dibandingkan yang dapat dilakukan individu. Dengan begitu banyak konten di luar sana dan begitu banyak waktu untuk membuat lebih banyak strategi penting untuk pemasaran. (Charles Mazzini, Hyperlinks Media, LLC)

 

#9 Brand Association And Referral Pada tahun 2020, asosiasi merek (Brand Association) dan rujukan (Referral) melalui AI akan menjadi sesuatu yang harus diperhatikan. Ketika obrolan dan asisten suara semakin canggih, antisipasi kebutuhan yang dikombinasikan dengan perilaku yang dipahami akan memberikan lebih banyak peluang bagi pemasar digital dan konsumen. (Bo Bothe, BrandExtract, LLC)

(Sumber: www.forbes.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)