Strategi Ekspansi Mitsubishi di 2019


Sukses merangsek pasar otomotif lewat Xpander, catatan kinerja PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Indonesia, terus menunjukkan angka yang positif. Per Maret 2019 misalnya, empat jenis kendaraan Mitsubishi yang selama ini menjadi backbone, mampu meraih pangsa pasar yang sangat signifikan.

Jika Pajero Sport berhasil meraih pangsa pasar 47% per Maret 2019, maka Triton mampu mencapai pangsa pasar 61,1%. L300 dan Xpander juga mampu memperoleh pangsa pasar yang positif, dimana masing-masing meraih pangsa pasar 76,3% dan 31,4%. Istimewanya, catatan prestasi MMKSI terhitung gemilang juga pada skala global. "Tahun 2018 lalu, penjualan Mitsubishi Indonesia mampu meraih peringkat pertama, mengalahkan Amerika dan China. Volume penjualan total Mitsubishi sanggup naik 84%, dari 79.000 unit menjadi 164 ribu unit," aku Imam Choeru Cahya, Executive General Manager Sales & Marketing Division PT MMKSI, pada akhir April ini (29/4), di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Keberhasilan Mitsubishi di awal tahun ini tak membuatnya berpuas diri. Mitsubishi justru makin agresif melakukan ekspansi, dengan membuka sejumlah dealer baru. Tak tanggung-tanggung, hingga akhir tahun 2019 ini, Mitsubishi menargetkan jumlah dealer-nya mencapai 153 dealer. "Dealer menjadi salah satu kunci bagi kami dalam menggarap pasar otomotif di Indonesia," katanya.

Salah satu daerah yang menjadi fokus ekspansi Mitsubishi adalah Indonesia Bagian Timur (IBT). Lantaran, kontribusi kawasan tersebut terhadap total penjualan Mitsubishi secara nasional masih tercatat rendah, yakni kurang dari 10%. Adapun daerah yang fokus digenjot Mitsubishi adalah Sulawesi Tenggara. "Sebab, kontribusi Sulawesi Tenggara terhadap total pendapatan IBT masih kurang dari 20%. Itu artinya, posisi Sulawesi Tenggara masih di bawah Sulwesi Selatan dan Sulawesi Utara," ujar Amiruddin, DGH of Sales and Dealer Management Area 2 MMKSI.

Oleh karena itu, salah satu strategi ekspansi Mitsubishi di tahun ini adalah menggenjot kawasan Kendari, Sulawesi Tenggara, dengan membuka dealer di sana. Setelah sebelumnya, Mitsubishi juga telah membuka dealer baru di daerah Medan, Bogor, dan Semarang. "Tahun ini, kami juga akan buka di Jayapura. Sementara itu, daerah potensial yang tengah kami pelajari adalah Ambon, Kupang, dan Sorong," lanjutnya.

Menggenjot Area Kendari

Bekerja sama dengan PT Makassar Mandiri Putra Utama (MMPU) atau yang dikenal sebagai BETA Berlian, Mitsubishi resmi membuka dealer di Kendari pada akhir April ini (29/4). Dealer tersebut merupakan dealer ketiga Mitsubishi di Sulawesi bagi BETA Berlian, setelah sebelumnya ada di Makassar dan Manado. Dealer Kendari berdiri di atas lahan seluas 2.068 meter persegi di Jl. La Ode Hadi No. 180, Bypass Kendari.

"Total investasi yang kami keluarkan untuk delaer baru di Kendari ini mencapai Rp 25 miliar. Di delaer Kendari, kami menghadirkan layanan penjualan dan purnajual berstandard Mitsubishi Motors dengan fasilitas lengkap. Di antaranya, layanan konsultasi untuk konsumen maupun calon konsumen serta layanan purnajual dimana konsumen dapat melakukan servis berkala untuk kendaraannya. Seluruh spare part yang digunakan di dealer resmi kami merupakan spare part original dari Mitsubishi Motors dan dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Dan, dalam sehari, kami bisa memperbaiki 22 unit mobil," papar Umar Dani, Direktur Utama BETA Berlian.

Dengan kehadiran dealer di Kendari, ditargetkan Amiruddin, Mitsubishi akan meningkatkan penjualan di sana. "Target kami, dalam sebulan, dealer baru di Kendari ini akan mencapai 44-45 unit untuk semua jenis Mitsubishi, seperti Xpander, Pajero, Triton, dan L300. Salah satunya, kami akan menggenjot penjualan Xpander di Kendari melalui dealer ini, yakni mencapai sekitar 25 unit per bulannya. Sebab, di Kendari pangsa pasar Xpander di segmen Small MPV masih terhitung rendah, yakni hanya 14,2%," tuturnya.

Demi mencapai target yang telah ditetapkan MKSI tentu dibutuhkan strategi jitu. Strategi yang dipilih Mitsubishi adalah berbagai aktivasi yang mampu menyentuh hati konsumen. Dijelaskan Amiruddin, karakteristik dari konsumen Kendari dalam membeli kendaraan adalah dengan langsung melihat unit mobilnya, dengan datang ke dealer atau showroom mobil.

"Namun, saat ini, perilaku mereka sudah mulai ada pergeseran, yakni dengan mencari dan membaca review terlebih dahulu di online. Setelah itu, mereka pergi ke dealer atau showroom bersama keluarga mereka untuk melihat langsung unit kendaraannya. Selanjutnya, mereka akan menentukan jenis kendaraan yang mereka beli berdasarkan keputusan bersama. Artinya, keputusan menentukan jenis kendaraan tidak menjadi monopoli bapak sebagai kepala rumah tangga," urai Amiruddin.

Oleh karena itu, Mitsubishi bersama BETA Berlian akan massif menggelar aktivasi mall to mall maupun menghadirkan event di showroom, dengan memamerkan unit kendaraan Mitsubishi maupun branding di sana. Selain itu, Mitsubishi juga akan mengusung tema kampanye "Xpander Pinter Bener", yang baru saja dirilis pada event bergengsi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Termasuk, memperkenalkan Xpander Limited Edition dengan warna Quartz Pearl White, yang dibandrol dengan harga yang lebih tinggi.

Diungkapkan Umar, "Sudah ada tiga orang di Kendari yang berminat dengan Xpander Limited ini. Sementara itu, untuk mencapai sejumlah target tadi, kami akan memberikan berbagai promosi selama periode grand opening dealer di Kendari. Di antaranya, free biaya administrasi, hadiah langsung TV 32 inchi untuk pembelian Pajero, hingga diskon 20% untuk biaya service."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)