Strategi Matahari Putra Prima Hadapi Perubahan Perilaku Shopper

Perkembangan teknologi, bertumbuhnya millennial, makin smart-nya shopper, serta berubahnya kebiasaan berbelanja konsumen, menuntut peritel harus berubah. Dikatakan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) Roy N. Mandey, peritel harus mampu adaptif dan menyiapkan strategi yang out of the box.

"Saat ini, shopper telah berubah. Mereka ingin dapat sesuatu yang berbeda dan lebih. Contohnya, mereka datang ke pusat belanja tidak hanya untuk berbelanja, tetapi juga untuk ber-selfie. Oleh karena itu, tak sedikit pusat belanja atau ritel menghadirkan experience untuk mereka ber-selfie," paparnya.

Lebih lanjut ia meyakini, ritel offline tak akan pernah hilang atau mati. "Saat ini, ritel memang melambat. Namun, pertumbuhan industri lain lebih sangat melambat. Apalagi, penopang PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia saat ini adalah konsumsi domestik yang ada di ritel. Terbukti, pada kuartal ketiga (Q3) 2019, ritel masih tumbuh 5,06%. Akhir tahun ini, karena ada Natal dan Tahun baru, pertumbuhan ritel akan mencapai 9%," ujarnya.

Menghadapi perubahan perilaku konsumen dan agresivitas peritel online, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) memutuskan berkolaborasi dengan The Walt Disney Company Indonesia untuk mennghadirkan pengalaman berbelanja yang unik bagi konsumen di seluruh gerai Hypermart, Primo, Foodmart, dan Hyfresh di Indonesia.

Dijelaskan Danny Konjongian, Direktur-Corporate Secretary & Public Affairs MMPA, kolaborasi ini akan berlangsung selama tiga tahun. "Ini bukanlah kolaborasi jangka pendek. Namun, merupakan kolaborasi jangka panjang, dimana kerja sama ini akan makin solid dan berkelanjutan," ujarnya.

Mengusung kampanye "Discover Disney at Hypermart ”, Danny menegaskan, untuk pertama kalinya di Indonesia, produk segar berkualitas seperti buah-buahan dan sayuran, serta produk roti yang lezat, akan dihadirkan dalam kemasan yang terinspirasi oleh karakter Disney dan Pixar.

Ke depan, aneka produk berkarakter Disney maupun Pixar akan terus dikembangkan, termasuk produk mainan, pakaian, dan alat tulis. "Saat ini, produk berkarakter itu masih tersedia di gerai-gerai Hypermart tertentu. Namun, ke depan, akan menyebar ke semua gerai selama tahun 2020," lanjutnya.

Sementara itu, demi meningkatkan pengalaman berbelanja, pelanggan juga dapat mengunjungi area ritel Disney atau Disney Corner yang didesain secara spesial di gerai Hypermart. "Kami berharap ada kenaikan nilai belanja dan trafik dengan kehadiran produk berkarakter Disney dan Pixar," harapnya.

Untuk memulai kampanye dan merayakan liburan Natal dsn Akhir Tahun, MPPA juga menyiapkan program "Discover Disney Holiday Magic at Hypermart". Program tersebut menawarkan paket spesial liburan untuk 10 keluarga yang beruntung, yang terdiri dari empat anggota. Paket spesial liburan mencakup tiket pesawat, hotel, dan tiket masuk ke Hong Kong Disneyland. "Mulai dari 15 November 2019 hingga 15 Januari 2020, para penggemar dapat berpartisipasi dalam Undian Berhadiah Disneyland Hong Kong," terang Danny.

Ditambahkan Amanda Dhalluin, Direktur Eksekutif Komersialisasi Produk Konsumen The Walt Disney Company Indonesia, "Melalui kolaborasi bersama Hypermart, kami ingin memberikan para penggemar Disney deretan produk yang relevan dan pengalaman unik untuk mendekatkan mereka dengan kisah dan karakter Disney favorit mereka."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)