12 Ide Pemasaran 2019

Pasti Anda sudah banyak membaca sejumlah artikel tentang tren strategi pemasaran untuk tahun ini. Meskipun itu perlu dan penting, namun kenyataannya tidak semua strategi berhasil untuk setiap pemasar. Setiap kampanye pemasaran yang hebat dimulai dengan ide dari suatu tempat. Dilansir dari Business2community.com, berikut adalah 12 ide pemasaran yang bisa jadi salah satu pilihan Anda.

Tinjau strategi yang ada (dan jika Anda tidak punya, buatlah).

Awal setiap tahun adalah waktu yang tepat untuk melihat apa yang telah Anda rencanakan dan melihat apakah ada yang perlu diubah saat kita bergerak maju di 2019. Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki rencana pemasaran sama sekali, karena tidak pernah terlambat untuk memulainya.

Fokus pada pada platform social media terbaik Anda.

Platform apa yang sedang Anda gunakan? Apakah Anda melihat satu (atau dua) platform tidak berfungsi maksimal? Berhentilah membuang waktu untuk yang tidak berfungsi dan fokuslah pada satu atau dua yang sudah ada. Ini akan menghemat waktu Anda dan memberi Anda waktu untuk fokus pada komunitas inti brand Anda.

Buatlah kalender editorial.

Buatlah kalender editorial 30 hari sebelumnya, jadi Anda tahu apa dan kapan saat yang tepat untuk mem-posting. Karena Anda harus memiliki tujuan di balik setiap tindakan yang Anda lakukan. Anda dapat melakukannya satu atau dua minggu sebelumnya jika memang itu mudah, tetapi rencanakan terlebih dahulu.

Dahulukan konsumen Anda.

Pasti akan ada perdebatan, dan pemasaran Anda akan segera berada di tangan pelanggan Anda. Prioritaskan kebutuhan mereka─selesaikan masalah mereka dan berhentilah mendorong persepsi mengapa Anda lebih baik.

Libatkanlah brand Anda dalam sesuatu yang bersifat 'lokal' di tahun ini.

Tidak hanya filantropi pribadi yang penting, tetapi melibatkan bisnis Anda juga sama pentingnya. Namun, lakukan dengan alasan yang tepat. Jangan melakukannya sekadar untuk memasang logo di spanduk atau nama Anda disebutkan dalam sebuah artikel. Lakukan dengan hati seperti seorang 'pelayan' dan Anda akan sangat diapresiasi.

Gunakan data untuk menuntun keputusan Anda.

Pelajari social media insight, Google Analytics, dan laporan e-mail pemasaran Anda, dan lihat apa yang audiens Anda lakukan. Jenis konten apa yang mereka klik? Apa yang mereka tanggapi? Buat hasil tersebut membantu memandu apa yang Anda perlukan untuk dipersiapkan dalam strategi pemasaran konten Anda.

Mulailah program rujukan.

Di masa ketika loyalitas pelanggan berada pada titik terendah sepanjang masa, berilah penghargaan kepada pelanggan setia yang Anda miliki dengan menawarkan hadiah dan insentif ketika mereka merujuk teman dan keluarga mereka.

Tambahkan photo booth di gerai atau kantor Anda.

Jika diizinkan, siapkan tempat bagi pelanggan untuk mengambil gambar dan mem-posting-nya ke social media. Gunakan latar belakang dengan logo Anda, atau hanya dinding polos dengan beberapa alat peraga. Ini adalah cara mudah bagi pelanggan Anda untuk membagikan brand love di social media.

Cetak stiker.

Jika Anda pernah ke kedai kopi, kemungkinan Anda pernah melihat laptop yang ditutupi stiker merek. Anda bisa membuatnya untuk brand Anda dan mulai membagikannya.

Seringlah menggunakan kamera.

Suka atau tidak, saat ini video ada di mana-mana. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuatnya. Pelanggan Anda tentu ingin melihat Anda (dan/atau staf Anda), jadi ajak mereka tur, atau sekadar menyapa. Anda bahkan dapat melakukannya dengan sangat mudah dan memanfaatkan fitur Instagram Stories.

Libatkan staf Anda.

Advokasi karyawan sangatlah besar. Libatkan staf Anda dalam berbagi konten, dan ajak mereka untuk membuatnya juga. Ini adalah salah satu cara memamerkan brand Anda secara online sekaligus memberikan hiburan ringan kepada audiens.

Personalisasi.

Personalisasi pelanggan serta membuat pengalaman yang unik akan selamanya menjadi ide, karena itulah yang membuat sebuah gagasan pemasaran menjadi efektif. Mulai dari email, hingga kampanye iklan, pastikan Anda menyesuaikan upaya dan strategi Anda secara khusus dengan mereka, para pelanggan.

This will forever be an idea because it’s what marketing is becoming – personalization for our customers, making the user experience unique. From emails, to ad campaigns, make sure you are tailoring your efforts specifically to them, the customers.


Read more at https://www.business2community.com/marketing/12-marketing-ideas-to-try-out-in-2019-02162473

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)