300 Merek Siap Ramaikan Pameran CMEF Indonesia

Sebagai salah satu pasar peralatan medis dengan pertumbuhan paling cepat secara global, pasar peralatan medis Indonesia saat ini bernilai US$747,3 juta dan akan mencapai US$1.197,2 miliar pada 2019.

Oleh karena itu, untuk pertama kalinya, CMEF Indonesia memutuskan akan hadir dengan memperkenalkan hampir 200 perusahaan peralatan medis internasional dan lebih dari 300 merek, produk, dan solusi medis baru ke pasar Indonesia. Kehadiran yang dikemas lewat pameran tersebut untuk mendukung permintaan yang semakin berkembang di Tanah Air. CMEF Indonesia akan diselenggarakan pada tanggal 6-8 Maret 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

“CMEF Indonesia akan memulai debutnya ketika industri perawatan kesehatan domestik kian menjanjikan dan akan mendukung misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata medis terkemuka di dunia. Berbagai peraturan dan inisiatif baru telah diluncurkan untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas dan kemudahan bagi distributor dan reseller peralatan medis berlisensi untuk mengeksplorasi kemungkinan kerja sama distribusi dengan perusahaan medis dan pemilik merek internasional. Relaksasi aturan investasi asing pun sudah diluncurkan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Stenly Yonardi, Manajer Proyek CMEF Indonesia.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa CMEF Indonesia akan melayani masyarakat dengan menyediakan platform yang efektif bagi distributor lokal untuk mencari peralatan medis dan merek yang baru. Selain itu, CMEF Indonesia juga akan melayani produsen lokal dalam mencari investasi asing untuk meningkatkan produksi dalam negeri.

Merujuk studi KPMG tentang masa depan industri perangkat medis, perusahaan peralatan medis mengharapkan pertumbuhan dari inovasi terobosan dan sebagian besar dari mereka (80%) percaya bahwa inovasi-inovasi di masa depan akan lebih tercipta melalui kemitraan, daripada dari dalam perusahaan sendiri. Bahkan, produsen peralatan medis melihat nilai besar dalam memasuki kemitraan baru untuk mendorong inovasi dan banyak dari mereka yang sudah mengadopsi model bisnis yang lebih kolaboratif dengan para pemasok dan pelanggan.

Untuk itu, program pertemuan bisnis antara distributor dan produsen lokal akan menjadi tulang punggung Pameran CMEF Indonesia. Untuk memfasilitasi dan mendukung pertumbuhan kemampuan manufaktur lokal, CMEF Indonesia akan merancang peluang untuk mengembangkan jaringan yang memungkinkan para profesional lokal melakukan diskusi yang bermakna dengan pemilik merek internasional.

"Melalui program pertemuan bisnis itu, distributor lokal akan dapat bertemu dengan merek internasional yang menawarkan produk dan solusi yang baru bagi Indonesia yang mencari kerja sama distribusi yang relevan dengan portofolio mereka. Produsen lokal juga dapat bertemu dengan produsen dan investor potensial untuk memproduksi produk mereka secara lokal untuk mendorong pertumbuhan sektor medis domestik," yakinnya.

Lebih dari 300 peralatan dan solusi baru untuk Indonesia akan dipamerkan di CMEF Indonesia 2019, dengan tiap peserta menghadirkan satu atau lebih produk yang baru bagi Indonesia untuk mencari distributor lokal. "55% dari produk yang akan dipamerkan di antaranya adalah peralatan elektromedis/teknologi medis, 28% peralatan manufaktur dan teknologi OEM, dan 22% peralatan rehabilitasi/ortopedi dan masih banyak lagi," lanjutnya.

Pameran ini akan mengumpulkan sederet tokoh industri internasional yang dinamis serta peserta pameran di bawah satu atap untuk mengatasi tantangan serta memanfaatkan peluang dalam peralatan medis. "Lima ratus pengunjung pertama setiap hari akan mendapatkan voucher Go-Pay senilai Rp 30.000. Semua pengunjung juga akan berkesempatan memenangkan iPhone XS Max dan hadiah lainnya ketika mereka mengunjungi pertunjukan," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)