Bank DBS Indonesia Luncurkan Gerakan #MakanTanpaSisa

Bank DBS Indonesia menggelorakan  gerakan #MakanTanpaSisa dalam kampanye bertajuk “Towards Zero Food Waste”. Gerakan ini didasari temuan Economist Intelligence Unit  dalam Food Sustainability Index 2018 yang mengungkap bahwa Indonesia sebagai penghasil sampah makanan tertinggi ke-2 di dunia, dengan rata-rata per orang Indonesia menyumbang 300 kilogram sampah setiap tahunnya.

Bank DBS ingin meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap food loss dan food waste bersama TEDxJakarta untuk menciptakan dunia yang lebih baik.

Executive Director, Head of Group Strategic Marketing Communication PT Bank DBS Indonesia, Mona Monika, menyampaikan bahwa pihaknya tahun ini kembali melanjutkan misi  Recycle more, Waste less dengan mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi mengurangi sampah makanan di Indonesia melalui gerakan #MakanTanpaSisa.

“Gerakan ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian terhadap sampah makanan sehingga dunia yang lebih berkelanjutan dan aman bagi semua orang dapat terwujud,” ujar Monika pada acara Countdown 2020 by TEDxJakarta yang digelar pekan lalu (10/10) di Jakarta.

Ia menjelaskan, gerakan #MakanTanpaSisa dielaborasikan melalui tiga cara yang mudah dan sederhana. Pertama, Watch to Donate yakni menyaksikan video edukatif tentang gerakan #MakanTanpaSisa dan membagikan video tersebut untuk mengumpulkan 10 juta views yang akan ditukarkan menjadi delapan ton porsi makanan bagi mereka yang membutuhkan.

Kedua, mengabadikan dan mengunggah foto piring saat sebelum dan sesudah makan atau usaha lainnya untuk mengurangi sampah makanan ke media sosial Instagram. Sementara cara ketiga adalah program Buy 1 Meal to Give 1 Meal, yaitu membeli single meal di aplikasi Yummybox menggunakan kartu kredit digibank untuk memberikan donasi satu kotak makan bernutrisi. Nasabah juga dapat berdonasi makanan dengan menukarkan reward poin mereka.

Selain itu melalui program DBS Stronger Together Fund, lanjut Monika, pihaknya telah mendistribusikan sekitar 70.000 paket sembako dan makanan siap saji yang disalurkan melalui Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) dan Foodbank of Indonesia (FOI).

Countdown 2020 merupakan event yang bertujuan untuk membangun masa depan yang lebih baik dalam komitmen menuju dunia tanpa karbon.

Pada TEDxJakarta kali  ini, Bank DBS Indonesia hadir dalam sesi Fireside Chat Countdown bersama para wirausaha sosial yaitu Tanijoy yang fokus pada usaha  pemberdayaan petani kecil dan Garda Pangan, yakni food bank yang bertujuan menjadi pusat koordinasi makanan yang berlebih dan berpotensi terbuang, untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat pra-sejahtera. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)