Dukungan IM3 Ooredoo agar UMKM Tetap Bertahan di Masa Pandemi

IM3 Ooredoo bersama komunitas kreatif @kreatif.hub menawarkan solusi bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk tetap bertahan selama masa pandemi. Antara lain, dengan menghadirkan rangkaian kegiatan, webinar, dan workshop bertajuk “Berjuang dengan Berkreasi”. Program ini juga didukung oleh Smesco Indonesia.

Kick Off Webinar telah dilangsungkan hari ini (25/8) dengan menghadirkan Fahroni Arifin, Head of Brand Manegement & Strategy Indosat Ooredoo; Leonahu rd Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia; Nicholas Aristia, Founder KreatifHub; Beawiharta, Visual Story Teller; dan Bayu Fajri, Pemilik Segarsvara (jasa pengantaran grocery). Pada kesempatan ini, dibahas tentang bagaimana memanfaatkan konten kreatif untuk membantu pemasaran usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di tengah keterbatasan.

Dipaparkan Fahroni Arifin, Senior Vice President, Head of Brand Management & Strategy of Indosat Ooredoo, ”Besarnya semangat generasi muda dalam berjuang mencari cara dalam menghadapi pendemi telah menginspirasi IM3 Ooredoo dan KreatifHub untuk mendukung lebih jauh lagi usaha yang mereka lakukan. Mengkolaborasikan para pelaku UMKM dan pekerja kreatif merupakan salah satu cara untuk mendorong bisnis lokal tetap berkembang guna menggerakkan roda perekonomian. Karena pada akhirnya, Berjuang dengan Berkreasi-lah yang dapat menembus segala keterbatasan ini.”

Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia, menambahkan, "Era digitalisasi sekarang harus membuat UMKM juga terakselerasi. Sebab, bisnis UMKM sudah tidak lagi dapat mengandalkan pemasaran tradisional saja, sehingga penggunaan konten kreatif terencana secara online dapat membantu mereka mencapai target market yang lebih luas.”

Salah satu cerita pelaku bisnis yang terdampak pandemi, yakni Bayu Fajri, Pemilik Bayusvara, sebuah perusahaan penyedia jasa rental sound system yang kini beralih strategi bisnis menjadi sebagai penyedia jasa pengantaran bahan makanan sehari-hari demi tetap bisa menghidupi keluarga dan karyawannya.

Namun, minimnya kemampuan terhadap pembuatan konten dan cara berkomunikasi kepada pasar membuat Segarsvara mengalami sedikit penurunan. Pada fase inilah kolaborasi dengan pekerja kreatif dapat membantu pejuang bisnis lokal untuk membuat kreasi konten digital, seperti Beawiharta yang memiliki keahlian visual story teller yang bisa membantu Bayu memaksimalkan brand building dan kegiatan pemasaran bisnisnya.

Diungkapkan Nicholas Aristia, Founder Kreatif Hub, “Kreator dapat membantu brand dari segi visual agar lebih diingat oleh banyak orang melalui cerita yang relatable.”

Kesempatan kolaborasi UMKM dengan pekerja kreatif serta rangkaian webinar dan workshop “Berjuang dengan Berkreasi” terbuka untuk umum di seluruh Indonesia agar tercipta lebih banyak lagi cerita positif seperti kolaborasi Bayu Fajri dengan Beawiharta.

Selain itu, IM3 Ooredoo dan @kreatif.hub juga menggelar kompetisi konten kreatif yang bisa diikuti oleh UMKM dengan pekerja kreatif yang terdiri dari tiga kategori, yaitu konten dalam bentuk fotografi, videografi, dan desain ilustrasi. Ada total hadiah puluhan juta rupiah untuk periode 8-29 September 2020.

Dukungan lain yang ditawarkan IM3 Ooredoo, lanjut Fahroi, disediakannya paket khusus untuk UMKM, yaitu IMPreneur. “Bagi pelaku UMKM yang ingin mendapatkan solusi komunikasi agar bisnis tetap lancar dijalankan dari mana saja, IM3 Ooredoo menghadirkan paket IMPreneur yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan kuota besar hingga 320GB dan bisa sharing kuota ke berbagai lini tim bisnis sampai 20 orang,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)