Empat e-Commerce Ini Gandeng Artis Korea sebagai Brand Ambassador, Efektifkah?

Tak hanya musik, drama, kuliner, hingga kosmetik Korea, kini artis Korea pun menjadi incaran banyak brand di Indonesia. Tak sedikit brand di Tanah Air memilih artis Korea sebagai brand ambassador maupun brand endorser. Pertarungan merebut hati konsumen Indonesia melalui artis Korea ini terlihat jelas di industri e-Commerce.

Pada masa pandemi ini misalnya, setidaknya ada empat merek e-Commerce di Tanah Air yang menggandeng artis Korea sebagai brand ambassador maupun brand endorser. Meski tarif jajaran artis Korea ini tercatat selangit, namun para pengelola merek e-Commerce tetap menggandeng mereka sebagai salah satu strategi marketing dan komunikasi. Langkah ini cukup dimaklumi, pemanfaatan artis Korea ini berdampak pada kinerja merek mereka.

Inilah empat merek e-Commerce yang tahun 2020 ini menggunakan artis Korea sebagai brand ambassador maupun brand endorser:

1. TOKOPEDIA X BTS

Tokopedia menggelar program “Waktu Indonesia Belanja” (WIB) dengan menampilkan grup brand asal Korea, BTS, pada 29 Juli 2020. Program tersebut mencetak sukses. Merujuk data dari Nielsen, Tokopedia WIB TV Show berhasil ditonton oleh 1 dari 4 penonton televisi di seluruh Indonesia dari 11 kota melalui SCTV dan Indosiar. Sementara di platform aplikasi Tokopedia Play, jumlahnya mencapai 1 juta kali streaming.

Dalam dua jam acara berlangsung, Tokopedia berhasil dikunjungi masyarakat hampir 5 juta kali. Keterlibatan brand ambassador Tokopedia, BTS, membuat program tersebut sangat ramai diperbincangkan di media sosial, hingga sempat menempati peringkat pertama tren, baik di Indonesia maupun dunia.

2. LAZADA X LEE MIN HO

Jelang Festival Belanja 11.11 di tahun ini, Lazada resmi menggandeng Lee Min Ho sebagai regional brand ambassador di Asia Tenggara. Lee Min Ho dinilai sangat selaras dengan konsumen Lazada. Selain itu, ia dikenal dengan kepribadiannya yang penuh semangat, optimis, dan selalu positif. Bahkan, ia dikenal dan dicintai oleh banyak penggemarnya di Asia Tenggara sebagai pemeran utama di banyak serial TV populer, seperti “Boys Over Flowers”, “City Hunter”, dan yang terbaru “The King: Eternal Monarch”. Faktor inilah yang membuat Lazada memilih Lee Min Ho sebagai regional brand ambassador-nya.

3. SHOPEE X STRAY KIDS

Program “Flash Sale Shopee 11.11” yang digelar tahun 2020 ini menjadi momentum bagi Shopee untuk memperkenalkan brand ambassador terbarunya, Stray Kids, yang merupakah boy band asal Korea beranggotakan 8 personil di bawah asuhan JYP Entertainment.

Sebelumnya, Shopee juga pernah menggandeng dua girl band asal Korea, Blackpink di 2018 dan Gfriend di 2019, sebagai bintang iklannya. Pada saat menggandeng Gfriend di November 2019, tepatnya pada  program “Pesta Diskon 11.11”, Shopee mampu  membukukan penjualan hingga 70 juta produk di tujuh negara, termasuk Indonesia. Kali ini, jumlah kunjungannya menyalip Tokopedia. Tak heran, jika Shopee berhasil  menempati urutan pertama di Indonesia pada akhir 2019, setelah menggandeng Gfriend.

4. BLIBLI X PARK SEO JUN

Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) akhir tahun 2020 menjadi momentum bagi Blibli untuk memperkenalkan brand ambassador terbarunya, Park Seo Jun. Melalui program Blibli Histeria 12.12, Blibli akan menghadirkan  tayangan spesial, Blibli Histeria 12.12 livestream bersama Blibli Brand Ambassador, Park Seo Jun.

Melalui livestream ini, para pelanggan dan penggemar Park Seo Jun dapat menikmati tayangan dimana Park Seo Jun akan menyapa penonton untuk pertama kalinya di Indonesia sambil mengikuti festival belanja Histeria 12.12. Rangkaian program Blibli selama program Harbolnas merupakan perwujudan dari strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)