Hadir di Indonesia, DNAku Incar Segmen Young Professionals

Layanan pemeriksaan genetika berbasis internet pertama di Indonesia, DNAku, siap diluncurkan pada 17 Agustus mendatang, persis pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. 

Menyasar segmen young professionals berusia 25-45 tahun, DNAku menawarkan layanan yang dapat menerjemahkan informasi DNA menjadi profil genetik yang mudah dipahami. "DNAku akan memberi laporan menyeluruh mengenai kecenderungan tubuh dan risiko masalah kesehatan serta rekomendasi gaya hidup yang tepat berdasarkan struktur DNA masing-masing individu," papar  Simon, Direktur Genetics Indonesia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada sejumlah pemeriksaan (Modul) yang ditawarkan DNAku. Pertama, Pemeriksaan Kulit, untuk mengetahui jenis kulit, risiko berbagai jenis kelainan kulit, serta kebutuhan vitamin. Kedua, Pemeriksaan Kesehatan, untuk mengetahui kecenderungan metabolisme tubuh yang bisa berbahaya bagi kesehatan dan respon terhadap jenis makanan tertentu. Ketiga, Pemeriksaan Olahraga, untuk memahami jenis olahraga yang paling sesuai, risiko cedera, dan irama sirkadian. Keempat, Pemeriksaan Nutrisi & Diet, untuk mengetahui jenis makanan yang berpengaruh besar pada berat badan, kecenderungan obesitas, dan respon olahraga terhadap berat badan. Kelima, Pemeriksaan Ancestry, untuk mengetahui asal muasal leluhur. Pengetahuan ini juga dapat digunakan dalam keseharian, seperti kemampuan bersosialisasi.

Selain memberi kemudahan untuk menentukan berbagai metode yang tepat untuk tubuh, ditambahkan Simon, Layanan DNAku juga memberi kemudahan dalam melaksanakan uji genetika. Cukup dengan membuat akun pada alamat https://dnaku.id dan lakukan pembelian, kit pengambilan sampel akan langsung dikirimkan ke rumah. Setelah itu, pengambilan sampel hanya perlu dilakukan satu kali dan oleh diri sendiri. 

"Gunakan kit untuk mengambil sampel DNA pada lapisan dalam pipi. Lalu, kirimkan sampel DNA Anda ke lab DNAku. Selanjutnya, hasil akan diterima via online, dengan mengakses web DNAku," ia menjelaskan. 

Segala kemudahan dan manfaat layanan DNAku tersebut dapat diperoleh dengan harga yang yang terjangkau. "Kit senilai Rp 1,4 juta dan masing-masing modul senilai Rp 499 ribu. Khusus untuk tanggal 17 dan 18 Agustus 2019, kami  menawarkan promo diskon senilai 45% untuk pembelian kit," ucapnya.

Diklaim Simon, selain mudah dan terjangkau, layanan DNAku juga menjamin kualitas dari pengujian genetika. Proses ekstraksi dan sequencing DNA akan dilakukan oleh para ahli yang telah teruji dan memiliki banyak pengalaman di bidang molekuler. Untuk analisis data, DNAku bekerja sama dengan perusahaan bioinformatika internasional yang selalu mengikuti perkembangan riset terbaru.

"DNAku juga didukung oleh BINUS Artificial Inteligence Research & Development Center. Binus AI R&D secara aktif membantu pengembangan otomatisasi DNAku dan akan mengembangkan teknologi AI untuk analisa profil genetika yang lebih mendalam," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)