Kurangi Sampah Fesyen, Zero Waste Indonesia Gelar Pop-Up Event #TukarBaju

MIX.co.id - Komunitas Zero Waste Indonesia berhasil menggelar pop-up event #TukarBaju bertajuk #BarterForBetter, Juni ini, di 15th Park Kemang, Jakarta. Program tersebut merupakan kolaborasi antara #TukarBaju dan mahasiswa Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR angkatan 23 yang saat ini mengampu mata kuliah Public Relations Showcase. Objektifnya adalah untuk meningkatkan kesadaran generasi milenial dan Gen-Z akan pentingnya menerapkan gaya hidup minim sampah fesyen.


Program tersebut juga dihadiri oleh influencers penggiat fesyen seperti Miss Indonesia 2019 Princess Megonondo, Alvin Lapian, Daniella Kharishma, Shania Aryanto, dan Gentar Vyandra.

“Program #TukarBaju kali ini merupakan pop-up event kedua yang kami selenggarakan di tahun 2022. Dengan kembali aktifnya kegiatan ini secara luring, semakin banyak masyarakat yang melakukan aksi nyata dalam upaya meminimalkan sampah. Artinya, semakin banyak juga yang sadar bahwa jenis sampah tidak hanya plastik ataupun makanan, tetapi ada jenis sampah lain yang lekat dengan kehidupan sehari-hari, yaitu sampah fesyen dan limbah tekstil,” papar Pendiri Komunitas Zero Waste Indonesia Maurilla Imron.

Lebih jauh ia menjelaskan, saat ini industri fesyen adalah salah satu industri yang paling berpolusi terhadap lingkungan. Berkembangnya industri dari berbagai merek fast fashion (fesyen cepat) di berbagai belahan dunia serta tren fesyen yang sangat dinamis di Indonesia telah menggerakan komunitas Zero Waste Indonesia untuk mengkampanyekan #TukarBaju.

Di program  #TukarBaju, tak sembarang baju yang bisa ditukar. Kondisi baju yang ditukar  harus bersih, layak pakai, tidak bernoda, tidak lusuh, dan tidak ketinggalan zaman. Baju yang diterima akan diperiksa dan dikurasi terlebih dahulu.

Sebelumnya, #TukarBaju telah mengamgelar 20 kali event di lebih dari 5 kota besar di Indonesia. Di setiap eventnya, selalu bertabur respon serta antusiasme positif dari masyarakat.

Antusiasme itu terjadi juga di #TukarBaju: #BarterForBetter kali ini. “Selama 1 hari penyelenggaraannya, kegiatan bertukar baju ini diikuti oleh setidaknya 300 pengunjung dengan lebih dari 1.100 baju ditukar. Itu artinya, telah berhasil menyelamatkan 458 kg potensi sampah fesyen yang akan berakhir di TPA," tambah Campaign Activation #TukarBaju Zero Waste Indonesia Naurah Nazhifah.

#TukarBaju: #BarterForBetter kali ini merupakan main event dari rangkaian kampanye #BarterForBetter. Selanjutnya, masih akan ada post-event, yaitu penyaluran donasi pakaian kepada teman-teman di Panti Asuhan Putra Nusa Bagian Putri di Jakarta Pusat sebagai bentuk kepedulian untuk berbagi kepada sesama. Pakaian yang disalurkan nanti merupakan pakaian layak pakai hasil pengumpulan dari drop box dan main event.

“Dengan slogan Re-Wearing is Caring, #BarterForBetter berharap agar Generasi Z dan Generasi Milenial paham bahwa dengan menggunakan kembali pakaian yang dimiliki tanpa harus membeli produk fesyen baru, dapat membantu Indonesia meminimalisir penumpukan sampah fesyen yang justru dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Kami juga ingin berterima kasih kepada sponsor dan media partner sehingga kegiatan ini sukses terselenggara dan dapat disosialisasikan untuk disebarluaskan agar kampanye dapat dikembangkan untuk dunia yang lebih baik,” pungkas Lead Campaign Activation #BarterForBetter Cut Ghaitsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)