Pabrik Kedua Resmi Beroperasi, Honda Targetkan 170 Ribu Unit

Pertengahan Januari 2014 (15/1) ini, pabrik kedua PT Honda Prospect Motor (HPM) yang berlokasi di samping pabrik pertamanya di Kawasan Industri Mitrakarawang (KIM), Karawang, resmi beroperasi. Dengan kapasitas produksi mencapai 120 ribu unit per tahun, pabrik kedua PT HPM berkontribusi dalam meningkatan kapasitas produksi total Honda di Indonesia dari yang sebelumnya 80.000 unit per tahun menjadi 200.000 unit per tahun.

Pabrik kedua resmi beroperasi, PT Honda Prospect Motor targetkan penjualan 170 ribu unit, dimana 80 ribu unit berasal dari varian MPV teranyar-nya, Honda Mobilio.

Tomoki Uchida, Presiden Direktur PT HPM, menjelaskan bahwa dengan dimulainya proses produksi di pabrik baru Honda ini merupakan tonggak bersejarah bagi Honda di Indonesia yang akan meningkatkan aktivitas produksi dan penjualan Honda di Indonesia ke tingkat baru yang lebih tinggi. Pabrik kedua PT HPM seluas 145.760 m2 tersebut dirancang sebagai fasilitas produksi yang memiliki efisiensi tinggi sekaligus biaya rendah, dengan mengedepankan harmonisasi antara sistem otomatisasi dan proses pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. “Dengan meningkatnya kapasitas produksi, serta didukung produksi model baru, terutama Honda Mobilio, pembukaan pabrik ini merupakan langkah untuk mencapai target penjualan 300 ribu unit di tahun 2016,” papar Uchida. “Dan di tahun 2014 ini, kami menargetkan penjualan sebesar 170.000 unit, dimana sebesar 80.000 unit berasal dari penjualan Honda Mobilio,” imbuhnya. Pabrik kedua PT HPM rencananya akan mulai memproduksi model-model baru Honda, antara lain Honda Mobilio. Dengan kandungan lokal hingga mencapai 86%, produksi Honda Mobilio di pabrik ini sendiri juga telah meningkatkan pemakaian parts dan supplier lokal yang digunakan untuk produksi mobil-mobil Honda di Indonesia. Dengan mulai beroperasinya pabrik yang kedua, PT HPM sendiri telah meningkatkan jumlah pemasok lokal dari sebelumnya 100 perusahaan menjadi 145 perusahaan. Pabrik kedua PT HPM diperkirakan akan menyerap sebanyak 2.000 hingga 5.000 tenaga kerja baru. Sebelumnya, PT HPM mempekerjakan sekitar 3.600 karyawan di pabrik yang pertama. Saat ini, jumlah karyawan di kedua pabrik PT HPM telah mencapai sekitar 7.500 karyawan. Pada akhir tahun 2013 lalu, Honda mencatat total penjualan sebanyak 91.493 unit di seluruh Indonesia. Penjualan Honda di tahun 2013 lalu mengalami pertumbuhan sebesar 132% dari penjualan di tahun 2012, dan merupakan pertumbuhan yang tertinggi di antara seluruh industri otomotif Indonesia. Pangsa pasar Honda di akhir tahun 2013 juga meningkat dibanding tahun sebelumnya, yaitu dari 6,2% menjadi 7,5%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)