Penetrasi Senka di Pasar Pembersih Wajah

Dua tahun kehadirannya di Indonesia, Senka—merek perawatan kulit dari Shiseido Group—tampak makin massif menggarap pasar perawatan tubuh. Massifnya Senka melakukan ekspansi pasar di Indonesia tak lepas dari ambisinya untuk mengulang sukses seperti di Jepang, Korea, Taiwan, Vietnam, dan Singapura, dimana Senka mampu menjadi pemimpin di pasar produk pembersih wajah.

Dijelaskan Country General Manager PT Shiseido Cosmetics Indonesia Krisna Murti, “Saat ini, penetrasi Senka di Indonesia memang belum banyak. Oleh karena itu, kami ingin meningkatkan distribusi Senka di kanal offline maupun online. Di tahun 2020 ini, Senka memperluas jangkauan distribusi ke Watsons, Guardian, AEON, official store di Shopee, Lazada, Sociolla, Tokopedia, hingga supermarket seperti Indomaret.”

Tak hanya penetrasi melalui optimalisasi distribusi, Senka juga gencar membangun brand awareness melalui berbagai program. Paling anyar, pada Februari ini, Senka menggelar kampanye #PerfectWhip210. Ditambahkan Senior Brand Manager Senka Indonesia Fanny Aeni, melalui kampanye #PerfectWhip210, Senka ingin mengedukasi konsumen agar mereka dapat memahami step by step cara mencuci muka menggunakan Senka Perfect Whip secara benar untuk hasil yang optimal.

Dengan demikian, mereka yang terdukasi dapat menikmati semua keunggulan yang ditawarkan Senka, di antaranya membersihkan, melembabkan, menutrisi, dan memberikan sensasi fun dan enjoyable,” papar Fanny, yang menyebutkan bahwa edukasi juga dilakukan melalui brand ambassador Senka Indonesia, Yuki Kato.

Melalui kampanye#PerfectWhip210, Senka juga mengajak perempuan Indonesia untuk mengkreasikan whip melalui #PerfectWhip210 challengedi Instagram. “Kami juga menggandeng sejumlah influencer untuk mengajak masyarakat melakukan keseruan dengan membuat whip dengan cara menuangkan 2 cm Senka Perfect Whip ke telapak tangan dan menambahkan 1 sendok teh air bersih, untuk kemudian melakukan gerakan memutar sebanyak mungkin. Semakin banyak dan cepat putaran yang dilakukan, semakin besar pula whip yang dihasilkan,” papar Fanny.

Lebih jauh ia menerangkan, Senka Perfect Whip sudah menjadi pembersih wajah nomor satu di Jepang selama 11 tahun berturut-turut. Senka juga mengusung inovasi Micro Dense Foam, yakni busa padat yang mampu membersihkan wajah dengan sempurna hingga ke pori-pori serta menjadikan wajah bersih dan lembab.

Saat ini, Senka Facial Foam, yaitu all varian Senka Perfect Whip, memiliki harga baru yang lebih terjangkau. Mulai dari Rp 30.000-an untuk kemasan ukuran 50ml atau travel size dan Rp 60.000-an untuk kemasan ukuran 100ml atau 120ml,” tutur Fanny.

Upaya edukasi lain yang juga dilakukan Senka adalah menggunakan pendekatan Public Relations (PR). Pada hari ini (18/2) misalnya. Senka menggelar media gathering dengan mengundang berbagai media nasional maupun influencer. Pada kesempatan itu, mereka diedukasi tentang Senka, dengan menghadirkan pembicara seperti Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Eddy Karta, SpKK, Yuki Kato selaku brand ambassador Senka, dan manajemen Senka.

Saat ini, Senka telah hadir di Indonesia dengan dua rangkaian produk double cleansing, yaitu facial foam dan makeup remover. Rangkaian dan varian facial foam, yaitu Senka Perfect Whip, Perfect White Clay, Senka Perfect Whip Green Tea, dan Senka Perfect Whip Sakura. Sementara itu, rangkaian makeup remover, yaitu Senka All Clear Water, All Clear Oil (oil base), dan All Clear Whip yang memiliki varian isi ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)