Pengguna Youtube Indonesia Meningkat 600 Persen di Q3 Tahun 2015

Youtube Pengguna Youtube Indonesia Meningkat 600 Persen di Q3 Tahun 2015

Youtube Indonesia menyelenggarakan acara bertema Content & Creativity: How Brands Can Win on Youtube, pada Selasa (20/10/2015) di Jakarta. Dalam acara tersebut, Youtube mengungkapkan data-data terbaru mengenai perilaku masyarakat di Indonesia dalam menonton. Veronika Utami, Head of Marketing Google Indonesia, menjelaskan pertumbuhan pengguna Youtube di Indonesia sangat signifikan dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Pasific sekitar 600 persen.

Dikatakan Veronica, “Di Indonesia sendiri berdasarkan data penggunaan internet di Indonesia, diperkirakan sekitar 90 juta masyarakat Indonesia sudah melek internet (online) dengan penetrasi internet sebesar 43 persen di smartphone dibandingkan 15 persen di desktop.”

Dengan terjadinya peningkatan penggunaan smartphone sebagai gaya hidup masyarakat, sebut Veronica, maka tidak mengejutkan jika lebih banyak orang yang menonton dan mengunggah konten (termasuk video) lewat smartphone dibandingkan periode sebelumnya.

Berdasarkan data internal Google, jumlah penonton Youtube di Indonesia terus meningkat dengan cepat. Menurut Veronica, statistic menunjukkan bahwa peningkatan signifikan berasal dari jumlah video yang diunggah oleh pengguna Youtube asal Indonesia. “Growth year on year (yoy) sebesar 600 persen terlihat di kuartal 3 tahun 2015 dibandingkan kuartal yang sama pada tahun 2014. Pertumbuhan ini tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia-Pacific (APAC).”

Sementara itu, ungkap Veronica, dari sisi watch time (durasi menonton) penonton Youtube di Indonesia juga meningkat. Dari kuartal tiga tahun 2014 hingga kuartal tiga tahun 2015, waktu menonton secara keseluruhan meningkat 130 persen. “Ini adalah pertumbuhan tercepat di kawasan Asia-Pasifik,” imbuh Veronica. Rata – rata netizen di Indonesia mengonsumsi video di kanal Youtube selama 30 menit hingga 1,5 jam, dan sekitar 60 persen dikonsumsi via smartphone – Google Internal Data, Q3, 2015.

Menurut Veronica, periode mengakses YouTube terjadi hampir sepanjang waktu, namun peningkatan terlihat signifikan usai jam makan siang dan malam hari. Selain itu, dia juga memaparkan sepuluh konten YouTube yang paling banyak ditonton di Indonesia, yakni musik di posisi pertama, disusul oleh tutorial, komedi, trailer film, film asing, User Generated Content, pendidikan, hiburan, sepak bola dan gaya hidup.

Menurutnya, pada saat pengguna Youtube Indonesia tengah memutar video yang ditontonnya, sebanyak 58% penggunanya akan fokus pada video yang sedang ditontonnya dan tidak akan membuka aplikasi yang lainnya. “Sebanyak 58% pengguna Youtube di Indonesia yang sedang menonton akan fokus dan tidak akan membuka aplikasi apapun di smartphone-nya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)