Sebelum Membeli Vivo S1, Cari Tau Kelebihan dan Kekurangannya Disini!

Smartphone Vivo termasuk salah satu yang paling laris di Indonesia. Banyak pengguna gadget tanah air yang memilih pabrikan ini karena harganya yang terjangkau dan dilengkapi dengan fitur – fitur yang mumpuni. Secara umum, Vivo Indonesia memasarkan dua seri ponsel Vivo, yakni Vivo V series dan Vivo Y series. Vivo V series biasanya menyasar kelas menengah dengan harga diatas Rp 4 jutaan, contohnya Vivo V11, Vivo V15, dan Vivo V15 Pro. Sementara Vivo Y series, memilih pasar entry level dengan harga yang lebih terjangkau, yakni dibawah Rp 3 jutaan.

Pada tahun 2019, Vivo menambah satu seri lagi, yakni Vivo S series yang posisinya ada diantara kedua seri diatas. Vivo S series lebih diproyeksikan untuk anak muda. Pada saat itu pabrikan asal Tiongkok ini menghadirkan Vivo S1 sebagai smartphone pertama di seri S. Kehadiran Vivo S1 menambah ketatnya persaingan di kelas menengah.

Mengingat Vivo S1 diproyeksikan untuk pasar anak muda, makanya tidak heran kalau Vivo banyak memberikan sentuhan kekinian pada perangkat tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih seru bagi pengguna muda.

Bagi anda yang tertarik dengan ponsel ini dan ingin merasakan fitur – fitur kekinian yang dimilikinya, simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

 

Desain yang ciamik

Seperti yang disinggung sebelumnya, ponsel ini dibikin untuk anak muda. Oleh sebab itu, desain yang disajikan Vivo juga akan menyesuaikan dengan target pasarnya tersebut. Vivo S1 memiliki bodi berbalut bahan polikarbonat yang di desain sedemikian rupa sehingga tampak seperti kaca. Tepian bodi ponsel ini juga sudah 2,5D yang membuatnya terlihat ciamik. Penggunaan warna cosmic green dan skyline blue menambah kesan elegan pada ponsel ini.

 

Layar super AMOLED

Vivo menyematkan layar berjenis super AMOLED pada perangkat ini. Kehadiran layar super AMOLED memberikan kecerahan yang maksimal, meski terkena sinar matahari. Salah satu keuntungan penggunaan layar jenis ini adalah konsumsi daya yang lebih efisien. Hal ini tentunya membuat baterai menjadi lebih awet. Ponsel ini juga sudah menggunakan fitur Always – on Display. Dengan fitur ini pengguna bisa melihat tanggal dan informasi waktu lainnya tanpa harus menghidupkan HP.

 

Teknologi kamera yang powerfull di kelasnya

Vivo S1 dibekali dengan tiga kamera belakang dengan resolusi masing – masing, 16MP untuk kamera utama, 8MP super wide angle, dan 5MP dept sensor. Hasil jepretan dari ketiga kamera tersebut tebilang bagus dikelasnya. Bahkan ketika memotret di kondisi malam hari. Salah satu fitur menarik dari kamera Vivo S1 adalah mode aperture. Adanya fitur ini memungkinkan pengguna mengatur besaran manual bukaan lensa. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan efek bokeh yang bagus. Selain untuk kebutuhan fotografi, kamera Vivo S1 juga mampu merekam video dengan baik.

Salah satu nilai jual dari Vivo S1 ada pada kamera selfie yang beresolusi 32MP. Resolusi yang cukup besar di kelasnya pada saat awal kemunculan. Dengan resolusi yang demikian, bisa dipastikan hasil foto selfie akan terlihat lebih jernih. Kamera depan atau kamera selfie ini juga sudah mendukung HDR dan video yang dihasilkan juga sudah 1080p di 30 fps.

 

Performa terbilang oke

Vivo S1 menggunakan prosesor Mediatek MT 6768 alias Mediatek Helio P65. Jika dibandingkan dengan pesaing yang ada di kelasnya, prosesor ini bukanlah yang terbaik. Karena dikelas yang sama masih ada Realme 3 Pro yang menggunakan Snapdragon 710. Prosesor ini sedikit lebih baik ketimbang Mediatek Helio P65. Tetapi bukan berarti performa prosesor yang digunakan Vivo S1 ini tidak baik.

Nilai Antutu yang diperoleh Mediatek Helio P65 ada di angka 144 ribuan. Dengan skor seperti ini, bisa dipastikan kalau performa Vivo S1 cukup baik di kelasnya. Dengan prosesor ini, anda sudah bisa menggunakan Vivo S1 untuk mobile game.

 

Kapasitas baterai besar dan dilengkapi fitur Dual Engine Fast Charging

Ponsel ini dibekali dengan baterai yang cukup besar, yakni 4.500 mAh. Di awal kehadirannya, kapasitas baterai yang demikian sudah tergolong besar. Dengan begini otomatis akan membuat baterai menjadi lebih tahan lama.

Baterai berkapasitas besar ini juga didukung dengan fitur pengisian daya cepat. Fitur tersebut bernama Dual Engine Fast Charging. Sebelumnya fitur ini sudah lebih dulu digunakan di Vivo V series seperti Vivo V11 dan Vivo V15. Dengan bantuan fitur ini, proses pengisian baterai akan berjalan jauh lebih cepat.

Itulah beberapa kelebihan Vivo S1 yang bisa anda nikmati. Namun, sebelum itu gak ada salahnya juga anda mengetahui beberapa kekurangan dari ponsel ini, diantaranya:

 

Masih menggunakan port microUSB

Sebagian besar smartphone yang ada di kelas menengah sudah tidak lagi menggunakan port microUSB. Mereka sudah beranjak menggunakan port USB Type – C. Sementara Vivo S1 masih menggunakan port microUSB. Hal ini tentu saja menjadi kekurangan tersendiri pada Vivo S1.

 

Speaker masih berkualitas mono

Untuk urusan audio, Vivo S1 hanya menggunakan speaker mono. Hal ini membuat kualitas audio yang dihasilkan jadi kurang maksimal.

Dengan kelebihan dan kekurangan diatas, Vivo S1 masih dilirik banyak orang, apalagi sekarang harganya sudah makin turun. Saat ini di situs marketplace Blibli.com anda bisa mendapatkan ponsel ini dengan harga Rp 2,8 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)