Sepak Terjang Danamon  hingga Bertahan di Usia ke-66

MIX.co.id - Menginjak usianya yang ke-66 di tahun ini, Danamon memilih #BersamaBersinergi sebagai tema perayaan Hari Ulang Tahunnya kali ini. Tema tersebut didasari oleh visi Danamon, yakni peduli dan membantu jutaan orang untuk mencapai kesejahteraan, di mana Danamon menjadikan karyawan, nasabah, dan komunitas sebagai fokus utama.


Dikatakan Yasushi Itagaki, Direktur Utama Danamon, tema ini dipilih karena menggambarkan perjalanan panjang Danamon yang tidak mungkin tercapai tanpa kolaborasi dan sinergi dari semua pihak untuk mencapai Visi Danamon, serta menegaskan komitmen Danamon untuk terus memberikan solusi finansial untuk individual hingga korporasi dan menjadi partner yang setia sebagai 'Bank Pilihan Anda'.

Lebih jauh ia menegaskan, tantangan pandemi selama hampir dua tahun yang lalu tidak menyurutkan Danamon untuk terus memberikan layanan terbaik kepada para nasabah dan memperkuat bisnis perusahaan. Hal ini terbukti dari hasil dari Laporan Keuangan tahun buku 2021 yang diumumkan pada Maret lalu.

Selama 2021, Danamon mampu untuk mempertahankan pertumbuhan profitabilitas yang positif serta memperkuat fundamental bisnis di tengah berbagai tantangan pandemi dan ekonomi. "Bahkan, Danamon terus melakukan investasi di berbagai bidang--termasuk saluran digital, TI (Teknologi Informasi), branding, dan Sumber Daya Manusia (SDM)--untuk terus mendukung komitmen Danamon dalam menyediakan layanan dan solusi keuangan terbaik bagi nasabah," lanjutnya.

Di tahun 2021 misalnya, Danamon telah meluncurkan aplikasi mobile banking D-Bank PRO. Aplikasi ini memberikan sebuah pengalaman omni-channel kepada para nasabah dengan berbagai kemudahan untuk melakukan begitu banyak transaksi keuangan, mulai dari pembelian paket data internet, pembelian token PLN dan pembayaran listrik, pembayaran zakat, belanja online (e-commerce), QRIS, hingga penukaran valuta asing dan remittance.

Selain dapat melakukan berbagai transaksi keuangan sehari-hari dengan mudah, nasabah juga bisa memanfaatkan D-Bank Pro untuk layanan-layanan perbankan lainnya yang sebelumnya harus dilakukan di kantor cabang. "Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi, aplikasi D-Bank Pro terbukti menjadi sebuah solusi keuangan yang bisa diandalkan oleh nasabah," yakinnya.

Tidak hanya memberikan kenyamanan kepada nasabah retail, tapi Danamon juga memberikan perhatian khusus kepada para nasabah yang berprofesi sebagai pelaku bisnis, terutama yang terlibat di dalam sebuah komunitas rantai pasok. Di tahun 2019, Danamon memperkenalkan sebuah aplikasi digital  D-BisMart. Aplikasi tersebut memberikan kemudahan kepada penjual dan pembeli untuk dapat melakukan transaksi bisnis di mana saja tanpa harus bertatap muka, karena kebutuhan untuk melakukan pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi pengiriman barang dapat diakses dengan sangat mudah.

Danamon juga  menerapkan sistem open banking yang marak dalam beberapa tahun terakhir di sektor perbankan di Indonesia. Keunggulan dan kecanggihan API yang dimiliki oleh Danamon salah satunya diterapkan di dalam kerja sama yang dilakukan oleh Danamon dengan Investree, salah satu perusahaan P2P Lending terkemuka di Indonesia.

Dengan dukungan dari API Danamon, lebih dari 25.000 pengguna aktif Investree dapat dengan mudah, cepat, dan aman membuka rekening bank, dengan prosedur Know Your Customer (KYC)  yang seluruhnya online, termasuk transfer data, verifikasi video dan lainnya.

Yasushi mengimbuhkan bahwa inovasi memang selalu menjadi salah satu komitmen Danamon selama ini. “Danamon sudah berhasil untuk terus mempertahankan statusnya sebagai sebuah institusi keuangan yang terpercaya bagi jutaan nasabah dan masyarakat Indonesia. Hal ini dapat kami capai salah satunya melalui inovasi tanpa henti yang selama ini kami lakukan, dengan meluncurkan berbagai solusi keuangan dan perbankan yang andal bagi semua nasabah setia kami  Ini sesuai dengan brand promise Danamon, yaitu memberikan solusi keuangan terbaik agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” ungkapnya.

Danamon juga terus terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat dan komunitas Indonesia selama masa pandemi. Melalui Danamon Peduli, Danamon bahu-membahu dengan pemerintah dan organisasi terkait memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia. Beberapa bentuk bantuan yang diberikan oleh Danamon, antara lain lebih dari 59.000 dosis vaksin diberikan kepada masyarakat umum, komunitas pasar, pengemudi ojek online dan komunitas UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), serta nasabah melalui program vaksinasi di tujuh kota dan kabupaten di Indonesia.

Lebih jauh lagi, sebagai bagian dari keluarga MUFG, Danamon berkomitmen untuk mencapai net-zero emission dalam kegiatan operasional dan usaha pada tahun 2030. Untuk itu, Danamon telah secara proaktif menerapkan berbagai tindakan dalam mengurangi emisi karbon, antara lain dengan memasang solar panel di gedung-gedung Danamon, dan mengajak karyawan serta komunitas untuk memasang solar panel melalui program pembiayaan yang mudah dan ringan, serta melakukan perkiraan dan pengaturan emisi Gas Rumah Kaca secara grup, termasuk anak perusahaan Adira Finance. Hasilnya, pada tahun fiskal 2021, Danamon berhasil menurunkan kadar emisi sebesar 24,6% sejak tahun 2019 sehingga berada di 45.3K CO2e Metrik Ton.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)