Sprite Hadir dengan Kemasan Baru yang Mudah Didaur Ulang

Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional 2021, hari ini (18/2), Coca-Cola Indonesia mengumumkan perubahan desain dari merek minuman sodanya, Sprite. Desain kemasan ikonik botol berwarna hijau yang selama ini dimiliki Sprite diubah  menjadi botol PET jernih, yang lebih mudah untuk didaur ulang.

Dituturkan Fitriana Adhisti, Senior Brand Manager PT Coca-Cola Indonesia, Sprite  selama ini dikenal oleh masyarakat luas karena rasa lemon-lime yang menyegarkan dan kemasan hijaunya yang ikonik. Kini, Sprite telah membuat langkah besar dengan beralih menggunakan kemasan jernih.

Kemasan baru botol PET jernih Sprite diluncurkan bersamaan dengan Project #LihatDenganJernih, sebuah gerakan kolektif untuk mengajak masyarakat mengelola dan mengumpulkan sampah kemasan botol plastik PET jernih untuk kemudian didaur ulang menjadi benda yang bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Untuk menyukseskan Project #LihatDenganJernih, Sprite telah menjalin kolaborasi dengan Waste4Change sebagai mitra pengumpulan sampah. Konsumen dapat mengirimkan sampah kemasan botol PET mereka ke bank sampah yang bermitra dengan Waste4Change untuk selanjutnya didaur ulang dan diubah menjadi kacamata berbahan dasar daur ulang oleh PlusTik. Di akhir periode Project #LihatDenganJernih, kacamata tersebut akan dibagikan untuk membantu mereka yang memiliki kekurangan penglihatan agar dapat melihat dengan lebih jernih melalui Yayasan Sejuta Kacamata Untuk Indonesia.

Project #LihatDenganJernih akan berlangsung selama dua bulan, mulai Maret hingga April 2021. 500 konsumen pertama yang ikut berpartisipasi akan mendapat kesempatan berkontribusi pada gerakan donasi kacamata berbahan dasar PET dari PlusTik. Tak hanya itu, konsumen yang berpartisipasi juga akan mendapatkan kesempatan untuk memiliki kacamata hasil daur ulang tersebut.

Director of Public Affairs, Communication, and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia Triyono Prijosoesilo menegaskan, “Kami terus berupaya mengurangi limbah dengan merancang kemasan yang dapat didaur ulang serta mengumpulkan dan mendaur ulang 100% produk yang kami jual pada tahun 2030 serta bermitra dengan berbagai organisasi yang dapat membantu kami menemukan solusi-solusi terbaik untuk mewujudkan semua itu.”

Inovasi terbaru dari Sprite ini, menurutnya, membawa Coca-Cola selangkah lebih dekat untuk mewujudkan visi global, yaitu World Without Waste. “Kami berharap langkah ini dapat membantu meningkatkan pengumpulan dan pendaurulangan botol PET secara keseluruhan di Indonesia dan juga menginspirasi konsumen untuk berkontribusi membangun lingkungan bebas sampah di Indonesia,” harap Triyono.

Minuman Sprite dalam kemasan botol PET jernih akan tersedia di semua supermarket, minimarket, dan toko ritel di seluruh Indonesia mulai 18 Februari 2021. “Sprite Clear Bottle akan tersedia dalam ukuran 250ml dan 390ml. Ukuran kemasan yang lebih besar seperti botol PET 1L dan botol PET 1,5L juga tersedia,” ujar Fitriana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)