Tingkatkan Layanan 4G, XL Jajaki Teknologi Baru

Keseriusan XL menjadi perusahaan digital diwujudkan lewat peningkatan kualitas jaringan 4G yang kini telah dimilikinya. Jika selama ini XL telah menerapkan teknologi 4X4 MIMO untuk layanan 4G LTE, maka kini XL tengah melakukan penjajakan untuk menerapkan teknologi modulasi 4x4 MIMO 256 QAM (Quadrature Amplitude Modulation). Dengan teknologi baru itu, maka kualitas kecepatan akan mencapai 30% di atas teknologi 4x4 MIMO.

Diakui Direktur & Chief Service Management Officer XL Yessie D Yosetya, “Yang sangat krusial dalam layanan 4G LTE adalah kecepatan akses dan kapasitas yang besar. Dengan kecepatan akses yang semakin baik, maka akan semakin besar pula manfaat dari layanan 4G LTE. Kecepatan koneksi internet dan data akan sangat menentukan aktivitas digital apa saja yang bisa dilakukan, baik untuk keperluan perorangan maupun aktivitas perusahaan. Misalnya, untuk sekadar akses layanan hiburan maupun untuk kegiatan bisnis.”

Tentu saja langkah perbaikan kualitas layanan tersebut merupakan upaya XL dalam memenuhi kebutuhan maupun ekspektasi pelanggan. “XL tidak pernah berhenti mencari cara agar kecepatan dan kualitas layanan XL 4G LTE bisa ditingkatkan. Kita bicara apa yang bisa kita lakukan saat ini dan yang bisa diterapkan saat ini, sehingga langsung bisa segera dirasakan manfaatnya oleh pelanggan,” tegas Yessie.

Penerapan teknologi modulasi 256 QAM, ditambahkan VP LTE XL Rahmadi Mulyohartono, saat ini tengah dalam persiapan dan akan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan akan kapasitas serta kualitas layanan ke pelanggan. “Dalam persiapan ini, kami didukung pula oleh Ericsson. Sejak komersialisasi layanan 4G LTE, XL juga telah melakukan persiapan teknis untuk penerapan sejumlah teknologi guna meningkatkan kualitas layanan XL 4G LTE. Mulai dari Carrier Aggregation (CA), License Assisted Access (LAA), dan kini Modulasi LTE 256 QAM. XL pun sudah mulai menerapkan teknologi 4.5G 4x4 MIMO di Jabodetabek, Bandung, DIY dan Jawa Tengah, Surabaya, serta Denpasar,” tambahnya.

Sejalan dengan perluasan layanan 4G di tahun ini, XL mematok pertumbuhan jumlah pelanggan sepanjang tahun 2017. Oleh karena itu, selain menyediakan jaringan yang berkualitas dan perluasan wilayah layanan, ungkap Yessie, XL juga akan melanjutkan berbagai program yang terkait dengan penyediaan ekosistem 4G yang lebih lengkap dan menarik bagi pelanggan dan masyarakat. Selain itu, XL juga akan terus menggiatkan layanan mobile broadband atau MBB, ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)