Bagaimana cara perusahaan
memberikan value jangka panjang dan berkelanjutan yang memotivasi karyawan,
melibatkan pelanggan, memperkuat merek, dan memberikan keuntungan yang diinginkan
oleh para pemangku kepentingan?
Jawabannya sederhana, transformasi.
Ketika bergerak melalui
abad ke-21, seseorang, organisasi atau perusahaan perusahaan perlu menemukan
tujuan moral mereka — sesuatu yang hidup dalam jiwa bisnis mereka, yang dapat
diterjemahkan ke dalam bentuk kebaikan yang bermanfaat, baik bagi keuntungan perusahaan
maupun bagi umat manusia. Keuntungan memenuhi tujuan itulah sebagai panggilan hati.
Saat ini, aturan keterlibatan (rules of engagement) bisnis berubah lagi. Sekarang, seseorang atau perusahaan tidak cukup hanya memiliki gagasan yang inovatif, layanan yang mendapat bintang, dan neraca yang kuat.
Untuk mendapatkan value jangka panjang dan menangkap keterlibatan pemangku kepentingan yang sejati, seseorang atau perusahaan harus merangkul dan menunjukkan bahwa ia mempunyai tujuan yang lebih tinggi.
Sekarang seseorang atau
perusahaan harus memiliki sesuatu yang intrinsik dalam DNA mereka untuk
mengatasi masalah sosial yang mendesak seperti perubahan iklim, kelaparan,
meningkatkan pendidikan atau peduli dan perawatan kesehatan. Perilaku otentik
adalah produk sampingan dari semua kegiatan atau operasi tersebut dengan tujuan
yang lebih tinggi.
Pemasaran otentik diaplikasikan dengan cara berbagi narasi yang menarik tentang pekerjaan mereka dan tujuan yang menarik bagi nilai-nilai pelanggan mereka.
Ini adalah ide yang menarik dan memiliki banyak hal untuk mendukung pemikiran di baliknya. Jika cerita Anda lebih tulus, asli, dan dapat dipercaya, maka ada potensi yang lebih besar bagi audiens Anda untuk terhubung dan terlibat dengannya.
Ditulis oleh
wirausahawan dan pakar komunikasi pemasaran Larry Weber, Authentic Marketing: How to Capture Hearts and Minds Through the Power
of Purpose menyediakan kerangka kerja strategis baru yang mengeluarkan
strategi bisnis, pemasaran, dan teknologi dari silo yang kini sudah usang dan
tidak efektif serta mengintegrasikannya secara erat di sekitar konsep sentral
tujuan perusahaan. Pendekatan maju ini mengarahkan
perusahaan ke persimpangan antara laba dan tujuan.
Inti dari buku ini adalah cetak biru untuk melibatkan konsumen melalui pemasaran otentik yang berpusat pada tujuan. Pembaca akan belajar tentang kekuatan mendongeng ke generasi berikutnya, seni memanusiakan merek mereka, dan meningkatnya peran media yang mereka terima.
Bentuk pemasaran yang berkembang ini menggantikan taktik manipulasi tradisional dengan pendekatan yang lebih asli dan transparan yang membahas apa yang diinginkan generasi milenial.
Authentic Marketing juga
memberikan wawasan untuk menciptakan budaya yang didorong oleh tujuan yang
menarik, memotivasi, dan mempertahankan karyawan. Ini menjelaskan peran yang
harus dimainkan CEO dalam menegakkan nilai-nilai perusahaan yang lebih tinggi
dan berfungsi sebagai juara tujuan utama.
Pemasaran Otentik
menjabarkan secara sederhana tindakan yang diperlukan bagi perusahaan untuk
mengubah merek dan bisnis mereka melalui penentuan tujuan kemanusiaan. Ini yang
menjadi kunci utama untuk membuka hati dan pikiran konsumen saat ini.
Inti dari proses ini adalah menemukan jiwa organisasi...