Akselerasi Ekonomi Sirkular TETRA PAK "Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives 2021" Responsible Business Practices Category

MIX.co.id - Sejak 1975, Tetra Pak Indonesia telah berkontribusi dalam peningkatan tingkat daur ulang karton dengan melaksanakan berbagai inisiatif. Inisiatif tersebut dijalankan melalui kolaborasi dengan para pemain value chain lainnya, termasuk pemilik brand, perusahaan pengelolaan sampah dan daur ulang, pihak-pihak berwajib di ranah lokal, dan pembuat kebijakan pemerintah.

Hingga saat ini, Tetra Pak telah menggandeng lebih dari 100 unit bank sampah dan memasang 160 titik daur ulang di berbagai sekolah, hotel, restoran, dan kafe di seluruh Indonesia untuk membantu pemisahan dan pengumpulan sampah kemasan karton bekas minum (used beverage cartons). Perusahaan juga telah menambah enam mitra pengumpulan karton bekas minum di tujuh provinsi di Jawa dan Bali.  Selain itu, mereka juga menjalin kerjasama dengan Rapel, sebuah aplikasi smartphone yang memungkinkan karton bekas minuman agar mudah dikumpulkan secara langsung dari konsumen di Yogyakarta.

Untuk mempercepat praktik ekonomi sirkular dan mendukung implementasi extended producer responsibility (EPR), perusahaan terus berperan secara aktif dalam inisiatif industri daur ulang dan sirkular. Bersama anggota PRAISE Indonesia (Packaging and Recycling Association of Indonesia Sustainable Environment) lainnya, Tetra Pak telah menandatangani sebuah perjanjian untuk mendukung pembangunan kapasitas dari pengumpulan sampah kemasan, menyediakan skema pendanaan kolaboratif untuk pengelolaan sampah yang berbasis komunitas, dan mendorong perubahan perilaku untuk mencapai inklusi sosial. (bin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)