Bank DBS Indonesia - Recover Stronger, Recover Lives The Best Pandemic PR Program "PR of the Year 2022"

MIX.co.id - “Recover Stronger, Recover Lives” begitulah semangat Bank DBS Indonesia di masa pandemi yang dielaborasikan melalui serangkaian program, seperti program donasi, menyelenggarakan vaksinasi, program sukarelawan yang melibatkan para karyawan (employee volunteering), hingga menyelenggarakan program mentoring dengan narasumber kompeten untuk membantu para usahawan skala kecil dan menengah (UKM) agar tetap dapat menjalankan bisnisnya. Pasalnya, pandemi melumpuhkan bisnis para UKM.

Program donasi tersebut diantaranya berupa bantuan perlengkapan medis ke berbagai rumah sakit, donasi makanan kepada masyarakat terdampak pandemi dan petugas kesehatan, serta ratusan paket sembako dalam program kampanye #MakanTanpaSisa. Bank DBS Indonesia juga melalui relawannya yang dikenal dengan sebutan People of Purpose (PoP), melakukan beragam aksi sosial guna membantu masyarakat, terutama yang terdampak pandemi. Sejak Desember 2021, program PoP mencapai 15.529 jam kerja karyawan. Terkait dengan program mentoring untuk para UMKM, sebanyak 20 UKM yang menerima manfaat selama program. Para karyawan mededikasikan minimal empat jam dari waktu mereka untuk melakukan kegiatan bermanfaat bagi sesama dan lingkungan.

Kegiatan PoP seperti karyawan berpartisipasi menyumbangkan paket makan untuk dibagikan kepada pekerja berupah harian berpenghasilan rendah, membuat sabun batangan dari minyak jelantah, dan membuat kue-kue kering. Donasi sabun batangan berguna untuk mencuci baju, perkakas maupun peralatan rumah tangga, dirasa mampu membantu masyarakat dalam menghemat pengeluaran.

Termasuk pula berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FOI) untuk mengumpulkan kelebihan makanan dari supermarket dan toko ritel untuk dibagikan kepada keluarga korban di 10 kota (Jakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, Cirebon, Pandeglang, Palembang dan Lampung). Kegiatan menghasilkan setara dengan 8,25 ton dampak makanan.

Di lingkungan internal, Bank DBS secara rutin mengadakan acara Health Talk bagi karyawan. Sepanjang tahun 2021, rangkaian Health Talk dibagi ke dalam empat kategori berdasarkan kuartal, yaitu: Stay Well, Save Well, Live Well, dan Eat Well, dengan menghadirkan pakar kesehatan sehingga karyawan mendapatkan informasi terkini seputar isu kesehatan.

Untuk menjaga dan mempererat keberlangsungan komunikasi antar karyawan, Bank DBS Indonesia menyediakan program radio internal Together FM sebagai bagian dari penerapan Together Movement, sebuah inisiasi dari Bank DBS Indonesia selama masa bekerja jarak jauh.

“Program komunikasi dan target audience cukup jelas,” demikian komentar juri Herry Ginanjar menanggapi program PR Bank DBS Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)