BRIMo, Gabungan m-Banking, e-Banking, dan e-Money

Business Challenge

Era digital mengubah layanan konvensional menuju digital. Antarbank kini saling berlomba menyuguhkan layanan digital bagi nasabahnya. Persaingan layanan digital pun semakin ketat. Digitalisasi bukan hanya memfasilitasi kebutuhan nasabah dengan mesin, tetapi juga dengan menuntut nasabah untuk bertransaksi dengan cepat, frictionless, dan memberikan kepuasan (customer experience).

Di lain pihak, pemerintah terus mendorong penggunaan transaksi non tunai dan meninggalkan transaksi tunai untuk mewujudkan cashless community. Gerakan transaksi non tunai sudah didengungkan pemerintah sejak 2016 lalu dan digadang-gadang program gerakan non tunai akan dapat terealisasi pada 2020 mendatang.

Kedua hal tersebut melatarbelakangi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI terus meningkatkan layanan digital dengan meluncurkan produk layanan ber-platform digital dan cashless. Management BRI menyadari, jika tidak aktif berinovasi maka bank pelat merah ini akan tergeser oleh bank yang lebih maju perkembangan teknologinya mengingat pola kebutuhan masyarakat saat ini juga berubah. “Bank BRI akan terus melakukan terobosan digital banking terbarunya guna memberikan kemudahan dan keamanan layanan transaksi perbankan bagi nasabah,” ujar Handayani, Direktur Konsumer BRI.

Salah satu terobosan digital banking BRI adalah aplikasi BRI Mobile (BRImo) yang diluncurkan pada akhir Februari 2019 lalu. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan seperti pembuatan rekening dan fitur-fitur perbankan lainnya. Aplikasi ini berbasis data internet serta memiliki user interface user experience (UI/UX) yang lebih baik. Menurut data, dari total penduduk Indonesia, sekitar 88% adalah pengguna smartphone. “Jadi, sangat beralasan BRI meluncurkan BRImo, aplikasi berbasis internet, karena semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan smarphone,” kata Handayani.

BRImo, lanjutnya, disiapkan untuk menyasar pasar milenial dengan memberikan kemudahan dalam bertransaksi secara digital. “Nasabah dapat merasakan layanan perbankan yang semakin cepat, semakin baik, dan juga mengedepankan user experience yang fokus ke pelanggan,” imbuh Handayani.

Product Insight

BRImo merupakan pengembangan terbaru dari aplikasi BRI Mobile yang telah ada sebelumnya dengan menu transaksi yang lebih lengkap. Dengan aplikasi ini, konsumen yang merupakan nasabah maupun non nasabah dapat melakukan beragam aktivitas transaksi, mulai aktifitas basic seperti transfer uang, cek saldo, hingga fitur anyar seperti melihat mutasi rekening selama setahun terakhir dalam format PDF (Portable Document Format) hingga membuka tabungan BRI Britama Muda.

Di samping itu, tampilan UI/UX didesain menarik dengan layout yang fresh dilengkapi fitur-fitur terkini, seperti fingerprint sensor atau bukti transaksi yang bisa langsung dibagikan melalui fitur share. Tujuan dari semua ini adalah untuk memberikan kemudahan dan mendukung program cashless society.

BRImo memiliki keunggulan tersendiri karena menggabungkan fungsi dari tiga transaksi perbankan, yakni mobile banking, internet banking, dan uang elektronik atau Tbank dalam satu aplikasi. Prosedur menjadi nasabah BRImo juga sangat mudah. Tidak perlu datang ke kantor cabang untuk dapat menggunakan aplikasi BRImo, cukup login menggunakan user id dan password internet banking nasabah. Sementara bagi non nasabah dapat melakukan registrasi melalui aplikasi untuk mendapatkan user id dan password dengan sumber dana Tbank untuk dapat bertransaksi menggunakan BRImo. Di playstore—bagi pengguna Android—aplikasi bisa diunduh dengan kata kunci “BRImo” sedangkan di app store—pengguna iOS—aplikasi bisa dinduh dengan kata kunci “BRImoBRI.” Setelah dinduh, calon nasabah tinggal mengikuti prosedural pembukaan rekening dari aplikasi.

BRImo memiliki keunggulan lain seperti melakukan transaksi tanpa kartu, isi ulang pulsa, membayar kartu kredit, membayar tagihan, melakukan top-up saldo GoPay, hingga info promo terkini dari Bank BRI. Karena di dalamnya ada aplikasi uang elektronik, maka membuka rekening juga menjadi amat mudah dan juga sudah menggunakan digital document imaging sehingga tidak perlu menyiapkan dokumen-dokumen seperti halnya layanan konvensional. Termasuk di dalamnya kemudahan dalam pembukaan rekening BRI Britama Muda, login dengan finger print/face recognition, dan akses info promo. Fungsi finger print/face recognition ini disediakan bila nasabah lupa password.

Strategi Marketing

Kehadiran aplikasi BRImo ini tidak sekadar elaborasi Bank BRI untuk meningkatkan layanan digital banking, tapi lebih dari itu, produk ini ditargetkan dapat mengantarkan perseroan sebagai consumer banking terdepan di Indonesia. Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo menjelaskan, citra BRI selama ini dikenal sebagai bank yang fokus ke segmen Usaha Kecil Menengah (UKM). Namun seiring pesatnya perkembangan teknologi, membuat BRI harus terus berinovasi untuk melayani konsumen lebih baik. “Tahun ini BRI fokus untuk menjadi the leading consumer banking di Indonesia. BRImo menjadi salah satu strategi penting di dalamnya,” katanya.

Secara perlahan perseroan akan mengalihkan seluruh transaksi perbankan digital dari BRI Mobile ke BRImo. Di saat yang sama, perseroan akan terus menambah fitur BRImo untuk menjadikannya sebagai one-stop mobile banking solution di Indonesia. “Saat ini kami masih buka akses untuk BRI Mobile yang lama karena masih banyak nasabah yang bertransaksi di sana. Tetapi, secara perlahan, akan kami pindahkan ke BRImo,” lanjut Indra. Terdapat lebih dari 11 juta pengguna BRI Mobile dengan jumlah transaksi mencapai 575 juta sepanjang tahun lalu.

Handayani menargetkan hingga akhir tahun ini sebanyak 20 juta nasabahnya, termasuk nasabah tabungan Britama akan menggunakan BRImo. Pada tabungan Britama minimal 50% sudah menggunakan BRImo di akhir tahun 2019. Jumlah nasabah Britama mencapai sekitar 56 juta nasabah. Sementara untuk nasabah baru, BRImo ditargetkan dapat menggaet 3 juta nasabah baru sepanjang tahun ini. “Artinya, 3 juta nasabah baru akan mengunduh aplikasi BRImo tahun ini,” paparnya lagi.

Agar produk terserap market, pihaknya menyelenggarakan program promo. Berbarengan dengan launching BRImo, BRI juga meluncurkan program undian BRImo Super Seru periode I yaitu 27 Februari-31 Agustus 2019. Program ini berlaku untuk semua nasabah BRI yang mengunduh aplikasi BRImo, melakukan transaksi finansial dan membuka rekening Britama Muda melalui BRImo berkesempatan mendapatkan hadiah utama berupa 3 mobil Mitsubisi Xpander dan 20 Yamaha Lexi.

Promosi ini termasuk pula menggelar roadshow ke sejumlah kota besar di tanah air yang menjadi pasar potensialnya. Road show diisi beragam event sebagai aktivitas on the ground agar awareness masyarakat, terutama kalangan milenial, meningkat yang akhirnya menjadi nasabah BRImo. “Pokoknya, sepanjang tahun ini kami akan gencar melakukan event aktivasi untuk mengenalkan BRImo kepada milenial. Salah satunya, event “Sunday BRI Morning”, tandas Handayani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)