“Sejalan dengan perekonomian yang makin maju di Indonesia, pertumbuhan kendaraan semakin pesat maka potensi untuk masuk memenuhi kebutuhan pengendara akan ban terbuka lebar,” demikianlah alasan kuat seorang Arijanto berani mengambil tantangan berkiprah di Industri ban, padahal sebelumnya ia berkarir cukup lama di sektor fast moving consumer goods (FMCG).

Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing and Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk

Pemilik nama lengkap Arijanto Notorahardjo ini adalah General Manager (GM) Marketing and Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk yang masuk ke dalam jajaran elit produsen ban tanah air dan global. Arijanto mengungkapkan, sesungguhnya bisnis di Industri ban itu sangat menarik, terus tumbuh.

“Daya beli masyarakat di Indonesia kini terus membaik, semakin banyak orang yang memiliki kendaraan, baik roda empat maupun roda dua, jadi intinya jualan ban di Indonesia itu sangat menyenangkan,” sahutnya.

Kini tantangannya, ungkap Arijanto, pasar Indonesia yang manis ternyata tercium juga oleh produsen ban asing dengan memanfaatkan habit masyarakat Indonesia yang terbilang cukup royal dalam hal otomotif termasuk penggunaan ban.

“Lebih dari 5 pemain besar ban dunia masuk ke pasar ban tanah air, seperti Hankook, Pirelli, dan lainnya. Persaingan bertambah ketat dengan berkembangnya produsen lokal seperti Multitrada yang juga sudah meng-global seperti kami, sehingga industri ban tanah air sebenarnya sangat ketat,” tutur pria lulusan S1 jurusan Agribisnis IPB tahun 1990 itu.

Jenjang karier Arijanto pertama kali dimulai di perkebunan milik PT Tamara, pada tahun 1994 – 1998 sebagai Management Trainee hingga posisi terakhir sebagai Trading Manager. Namun sebelum kembali bekerja, Arijanto melanjutkan pendidikan S2 di Rooterdam School of Management, Erasmus University of Roterdam, Belanda. Selepas itu penggemar warna putih ini pun hijrah ke Nutricia Regional Asia Pasifik sebagai regional bisnis development Asia, sejak 2000 – 2002.

Lepas dari Nutricia, di bulan Juni 2002 Arijanto pun memutuskan pindah ke Nestle menjadi Marketing Manager for Family Nutrition dan memegang brand yang cukup tenar diantaranya Dancow, Cap Nona, dan Ideal. Namun berkiprah di FMCG tampaknya tidak cukup menghentikan seorang Arijanto untuk menerima tantangan di luar industri sebelumnya, dengan masuk ke PT Gajah Tunggal di Awal mei 2009, dan akhirnya di tahun 2012 lalu menjadi General Marketing and Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk – termasuk menangani Tirezone – bengkel resmi GT – Radial.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)