Bisnis Busana Muslim Syar'i Lina Sukijo

Busana muslim syar'i tengah menjadi tren di segmen muslim Indonesia. Tren itu ternyata telah lama ditangkap oleh Lina Sukijo, desainer fashion muslim asal Batam. Sebelas tahun menekuni bisnis busana muslim syar'i, brand Lina Sukijo tercatat sukses merangsek pasar dalam negeri hingga ekspor.

Saat ini, produk busana muslim syar'i Lina Sukijo memang masih dikontribusi oleh pasar dalam negeri, 80%. Sisanya, 20%, sudah ekspor ke Malaysia, Singapura, Sanghai, dan Taiwan. Sementara itu, untuk omset, tiap bulannya kami mencapai Rp 5-7 miliar,” kata Lina Sukijo pada akhir September ini (22/9) di sela-sela acara 'Modest Fashion Founders 2019' yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Jakarta.

Brand Lina Sukino, diungkapkan Lina, memang menyasar pasar premium atau segmen menengah atas. Oleh karena itu, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 15 juta. “Kami produksi di tiga tempat, yakni Batam, Bandung, dan Pekalongan. Saat ini, produksi mencapai 2.000-3.000 potong tiap bulannya,” lanjutnya.

Diakui Lina, sukses brand Lina Sukijo tak lepas dari sejumlah strategi yang dilancarkan. Pertama, Lina Sukijo menggandeng reseller untuk memasarkan produknya. Dengan 50 reseller yang tersebar di berbagai daerah--termasuk di Shanghai, Taiwan, Singapura, dan Malaysia—produk Lina Sukijo laris manis di pasaran.

Konsep yang saya bangun dengan reseller adalah kekeluargaan. Bahkan, saya banyak membina ibu-ibu untuk terlibat langsung dalam proses produksi busana syar'i, sehingga mereka memiliki penghasilan yang cukup. Berbagi dengan sesama melalui pendampingan serta binaan seperti ini memang menjadi misi utama saya saat memulai bisnis busana syar'i,” ceritanya.

Kedua, Lina Sukijo memilih strategi kolaborasi dengan anak-anak muda. Paling anyar, Lina Sukijo berkolaborasi dengan Jilan dengan brand Jilan X Lina Sukijo. Melalui kolaborasi itu, produk busana syar'i Jilan X Lina Sukijo yang menyasar segmen menengah itu ditawarkan dengan harga kurang dari Rp 1.750.000, alias di bawah harga brand Lina Sukijo.

Ketiga, Lina Sukijo memanfaatkan kanal komunikasi digital, seperti media sosial dan Apps untuk mengkomunikasikan produk Lina Sukijo. Media digital itu dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggannya. “Kami juga rutin menggelar fashion show untuk memperkenalkan koleksi busana muslim syar'i Lina Sukijo. Bahkan, kami juga aktif mengikuti sejumlah event besar, seperti Jakarta Fashion Week,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)