Mark Fields Resmi Pimpin Ford Motor Company

Per 1 Juli 2014 mendatang, Mark Fields akan resmi menempati posisi President & CEO Ford Motor Company, sekaligus terpilih sebagai anggota dewan direksi perusahaan. Ia menggantikan Alan Mulally yang akan pensiun setelah menjabat sebagai president dan CEO serta memimpin transformasi global One Ford sejak September 2006 silam.

Dalam siaran pers-nya, Executive Chairman Ford Motor Company, Bill Ford mengatakan, Mark telah mentransformasi beberapa operasi Ford di seluruh dunia hingga menjadi bisnis yang jauh lebih kuat selama 25 tahun karirnya bersama Ford. “Sekarang, Mark siap untuk memimpin perusahaan kami menuju masa depan sebagai CEO,” imbuhnya.

Mark Fields - President & CEO Ford Motor Company.

Sebelum terpilih menjadi President & CEO, Mark sempat ditunjuk sebagai Chief Operating Officer Ford pada Desember 2012. Ia telah memimpin seluruh operasi bisnis global Ford dan sebagian besar tim ahli, termasuk pengembangan produk, manufaktur, pembelian, dan pemasaran, penjualan dan servis.

Perannya sebagai COO Ford termasuk memimpin pertemuan mingguan Business Plan Review perusahaan, yang diciptakan Mulally untuk memantau progres dari rencana One Ford dan memonitor bisnis global serta lingkungan persaingan.

Sebelum menjabat sebagai COO, Mark bekerja sebagai Executive Vice President & President The Americas sejak Oktober 2005. Pada saat itu, ia memimpin transformasi bisnis Ford Amerika Utara – mengubahnya dari catatan kerugian beberapa tahun lalu menjadi catatan keuntungan di setiap tahun selama empat tahun terakhir.

Ia juga memandu transformasi berbasis produk Ford Eropa dan mengurus merek mewah Eropa, sekaligus meluncurkan kembali operasi independen Ford di Argentina serta restrukturisasi besar-besaran dan kelahiran kembali produk di Mazda.

Mark pun memantapkan komitmen dan rencananya untuk One Ford, termasuk menghadirkan produk baru, menciptakan inovasi dan keunggulan global perusahaan yang belum pernah terjadi sebelumnya. “Merupakan sebuah kebanggaan untuk memimpin perusahaan yang hebat dan tim berbakat ini menuju masa depan,” kata Fields.

Ia pun melanjutkan, “Di bawah kepemimpinan Alan, kami telah melihat kekuatan dari One Ford dan apa yang dapat dicapai dari budaya kepemimpinan positif dan working together. Komitmen saya adalah untuk membangun dari sukses itu dengan mempercepat langkah kemajuan kami. Kami semua di Ford berkomitmen untuk memberikan lebih banyak lagi produk dan inovasi hebat yang akan mengantarkan pertumbuhan dan menentukan perusahaan kami kedepannya.”

“Alan dan saya yakin kalau Mark dan seluruh tim-nya sudah sangat siap untuk memimpin Ford ke depan, dan sekarang adalah waktunya untuk memulai transisi,” kata Bill, yang merekrut Mulally dari Boeing pada 2006 memungkas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)