Dengan tim kecil yang hanya terdiri dari tiga personil, Tim Digital Marketing Acer Indonesia mampu menyabet sederet penghargaan bergengsi di tahun ini. Lantas, bagaimana peran masing-masing personil dalam mensukseskan setiap program digital Acer?
Dua penghargaan bergengsi baru saja diraih Acer Indonesia. Merek asal Taiwan tersebut berhasil menyabet penghargaan “The Most Engage Brand in Indonesia Digital World 2019” yang digelar Majalah MIX pada Mei lalu untuk kategori Digital Customer Service (The Best Digital Customer Service in Gadget Industry) dan Digital Brand Campaign (The Most Experiential Digital Brand Campaign).
Melalui dua penghargaan itu, Acer berhasil menyisihkan merek-merek ternama seperti Lenovo, Vivo, dan Oppo di kategori Digital Customer Service dan mengalahkan Unilever Indonesia, Ovo, Go-Pay, Ku Ka Indonesia, Danone Aqua, dan lain-lain di kategori Digital Brand Campaign.
Sebelumnya, Acer juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai The Best Content Marketing Implementation dari “Indonesia Content Marketing Award 2019”, “Social Media Award 2018”, dan “The Most Socially Devoted Brand” di Facebook untuk Kategori Elektronik untuk layanan pelanggan melalui media sosial dari www.socialbakers.com.
Sukses Acer tersebut tak lepas dari kepiawaian Tim Digital Marketing Acer Indonesia yang terdiri dari Anandita Puspitasari selaku Public Relations & Digital Marketing Manager; Haris Mahdiredha selaku Digital Marketing Specialist; dan Bopa Dharmestio Herdayana selaku Digital Marketing Specialist.
Menurut Dita, demikian Anindita Puspitasari biasa disapa, masing-masing personil memiliki peranan yang berbeda dan saling melengkapi dalam menjalankan aktivitas digital marketing Acer Indonesia. “Saya memberikan strategi, arahan pelaksanaan, dan bertanggung jawab atas aktivitas dan performa komunikasi digital marketing yang dijalankan oleh Acer Indonesia, baik lini consumers maupun commercials. Saya juga memegang peranan sebagai Public Relations Acer Indonesia (bertanggung jawab dalam menciptakan publisitas di earned media—Red),” ucapnya.
Sementara itu, Bopa menjalankan dan bertanggung jawab atas konten di digital owned dan sharedmedia channels yang dimiliki Acer, yaitu blog dan social media. “Selain menyajikan konten yang menarik dan informatif, social media Acer juga menghadirkan layanan online customer service selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu,” kata Dita.
Personil lainnya, Haris, menjalankan dan bertanggung jawab atas presence Acer pada digital paid media (online marketing) dan e-commerce. “Konten yang menarik tentunya membutuhkan promosi yang tepat sasaran. Tugas lain Haris juga memastikan kehadiran Acer secara konsisten pada eCommerce,” tambah Dita.
Lebih lanjut ia menerangkan, Departemen Digital Marketing merupakan bagian dari Divisi Marketing di Acer Indonesia, di mana PR & Digital Marketing Manager melakukan report kepada Head of Marketing Acer Indonesia Galuh Neftita.
Artinya, selain bertanggung jawab sebagai “brand guardians” Acer Indonesia di beragam channels digital termasuk komunitas online, kata Dita, departemen Digital Marketing menjadi bagian terintegrasi dari komunikasi marketing Acer Indonesia.
“Tim Digital Marketing selalu berfungsi untuk mendorong dan menjaga performa brand di berbagai channel digital marketing mulai exposure, discovery, consideration, conversion, customer relationship, hingga retention. Hal ini untuk menjawab perubahan perilaku masyarakat yang semakin shifting ke digital, sehingga brand senantiasa hadir di seluruh aspek digital pelanggan,” papar Dita.
Salah satu program digital Acer yang berhasil memperoleh penghargaan “The Most Experiential Digital Brand Campaign” adalah “Predator League 2019”. Di program tersebut, Acer menghadirkan beragam digital experience yang mengundang gamers berpartisipasi dan memberikan dukungan ke tim favoritnya, mulai dari level qualifier, final Indonesia, hingga final Asia Pacific yang berlangsung pada Februrari 2019 lalu di Bangkok, Thailand.
“Pada kampanye ini, kami mendorong gamers dan supporter...