Amazon identik dengan belanja online. Raksasa e-commerce
sekarang menguasai sekitar setengah dari semua penjualan online di Amerika
Serikat. Namun muncul kabar bahwa Amazon.com berencana membuka puluhan toko
grosir di beberapa kota besar AS.
Menurut laporan koran Wall Street Journal, awal Maret lalu,
raksasa ritel online itu ingin memperluas jangkauannya dalam bisnis makanan dan
menyentuh lebih banyak aspek kehidupan konsumen. Konsep tokonya akan sangat
berbeda dari toko Whole Foods Market yang sudah mereka miliki.
Ini semakin memperkokoh anggapan bahwa Amazon seakan tidak
bisa hidup dengan hanya mengandalkan bisnis online saja. Perusahaan ini semakin
bergerak ke dunia fisik, membuka ruang di mal, dan distrik perbelanjaan.
Keputusan memperbesar dan memperluas jaringan toko fisiknya
itu makin menunjukkan ambisi perusahaan untuk menjadi yang lebih besar dari
sekadar e-commerce. Amazon berambisi menggabungkan kecakapan digitalnya dengan
kenyamanan ritel fisik.
Salah satu alasan yang mungkin, seperti yan disampaikan oleh
sumber anonim kepada CNBC tahun lalu, perusahaan melihat penjualan online naik
di daerah yang memiliki toko Amazon fisik. Riset mereka memberikan gambaran
bahwa toko fisik berhasil meningkatkan kesadaran pelanggan akan merek tersebut,
dan ini merupakan bahan bakar tambahan bagi mesin Amazon.
Untuk mewujudkan ambisinya itu, raksasa ritel ini dilaporkan
telah menandatangani kontrak sewa beberapa lokasi di kota-kota di seluruh
negeri, termasuk San Francisco, Seattle, Chicago, Philadelphia, dan Washington
DC.
Yang pertama adalah Los Angeles. Laporan itu mengklaim bahwa
Amazon akan membuka toko itu pada akhir tahun ini, walau diakui bahwa
perjanjian sewa itu tidak menjamin perusahaan membuka toko di semua lokasi yang
disewa.
Tampaknya Amazon ingin meraih sektor pasar yang lebih besar dengan menawarkan berbagai barang yang lebih luas di toko bahan makanan baru ini daripada yang ditawarkan di lokasi Whole Foods.
Whole Foods dianggap sebagai rantai toko grosir kelas atas dan terus memiliki standar kualitas makanan yang ketat untuk barang yang dijualnya seperti tanpa perasa atau pewarna buatan, pengawet, pemanis, dan sebagainya.
Beberapa waktu lalu, Amazon membuka toko fisik Amazon 4-star beberapa lokasi seperti New York City; Berkeley, California; dan Lone Tree, Colorado. Amazon 4-star hanya menjual barang-barang yang mendapat peringkat empat bintang atau lebih dari pelanggan Amazon.com. Konsep baru Amazon yang hanya menyediakan barang-barang empat bintang atau lebih itu berarti hanya yang dijual disitu adalah produk-produk terbaik pilihan pelanggan.
Amazon 4-star yang pertama dibuka di lingkungan SoHo di
Manhattan pada 27 September 2018 lalu.
Dua lagi baru-baru ini dibuka di Berkeley, California, dan Lone Tree,
Colorado, sebuah tempat di pinggiran kota Denver.b
Toko ini pada dasarnya menggunakan format yang sama dengan
toko buku Amazon. Tetapi, toko ini
menyediakan kategori produk yang lebih banyak, termasuk mainan dan
permainan, rumah dan dapur, dan buku. Amazon bintang 4 menggunakan ulasan
pelanggan yang sama dengan Amazon Books dan proses checkout serta pembayaran
tanpa uang tunai.
Amazon juga memiliki pusat penjemputan yang mirip dengan...