Perkuat Pasar ASEAN, Sharp Luncurkan Kampanye "LOVE LIFE"

Awal tahun 2014 ini, Sharp Electronic Indonesia membuka upaya pemasarannya lewat kampanye LOVE LIFE. Kampanye LOVE LIFE adalah strategi branding anyar dari Sharp untuk wilayah Asia Tenggara (ASEAN), termasuk, Indonesia.

Market share Sharp di pasar AC, saat ini sebesar 18,9 persen, atau tumbuh 10 persen. Dengan prediksi pertumbuhan pasar AC sebesar 6 persen di 2014, Sharp menargetkan terjadi  pertumbuhan 8 persen untuk produk AC-nya di tahun ini.

Dijelaskan Noboru Fujimoto, Executive Managing Office-CEO Asia Pasific Sharp, Sharp menargetkan penjualan di wilayah ASEAN sebesar 300 miliar Yen di tahun 2016. Itu artinya, dua kali lipat dibandingkan tahun 2012. "Untuk mencapai target tersebut, maka kami memiliki empat strategi kunci," kata Fujimoto, yang menyebutkan saat ini kontribusi Indonesia terhadap pasar ASEAN mencapai 40-45 persen.

Strategi pertama adalah penguatan produk. Dalam hal ini, Sharp akan fokus mengembangkan empat kategori produk yang prospektif, yakni AC, kulkas, TV, dan microwave lewat berbagai inovasi. Kedua, strategi marketing yang disebut GOTEN KOTEN. Strategi tersebut sudah lama dilakukan di Sharp dan masih akan terus digunakan untuk menggarap pasar ASEAN--yang notabene pertumbuhan penduduknya menjadi potential market.

Strategi ketiga, after sales service yang aktif. "Salah satunya, kami punya 'Sharp Mobile Service Station' di Indonesia. Fungsinya untuk show room dan services Sharp," Fujimoto mencontohkan. Strategi keempat adalah penguatan brand image. "Untuk itu, kami melakukan kegiatan advertising dan promosi, agar brand loyalty customer dapat meningkat. Salah satunya, melalui kegiatan branding di Asia Pasific lewat kampanye LOVE LIFE," tambahnya.

Dijelaskan Division GM Brand Strategy Center Sharp (ASEAN) Yukihiro Nono, ada empat kategori produk untuk kampanye LOVE LIFE. Yakni, kulkas, AC, LCD TV berlayar besar (60 hingga 90 inchi), dan Microwave. Dalam kampanye tersebut, Sharp juga akan memanfaatkan tokoh Doraemon dan keluarganya sebagai brand icon, karena tokoh Doremon juga sudah sangat akrab dengan pasar ASEAN.

"Saat ini, di kawasan ASEAN, kontribusi dari keempat produk tersebut mencapai 10 persen. Dengan kampanye LOVE LIFE, diharapkan kontribusi dari keempat produk tersebut mencapai 30 persen di 2015," ungkap Nono yang mengatakan bahwa kampanye LOVE LIFE di Indonesia sudah dimulai Desember 2013 dan akan berlangsung di sepanjang tahun 2014.

Dalam kesempatan itu, Sharp juga meluncurkan produk AC anyarnya, All New Sayonara Panas. Dipaparkan Frans Wibowo, Product Marketing Manager AC Sharp Indonesia, pasar AC di Indonesia pada tahun 2013, hampir 2,2 juta unit, alias tumbuh 9,1 persen. "Sementara itu, market share Sharp di pasar AC, saat ini sebesar 18,9 persen, atau tumbuh 10 persen," klaimnya.

Dengan prediksi pertumbuhan pasar AC sebesar 6 persen di 2014, Sharp menargetkan terjadi pertumbuhan 8 persen untuk produk AC-nya di tahun ini. Itu artinya, dengan perolehan market share 19,3 persen di pasar AC.

"AC low wattage Sharp kontribusinya mencapai 25 persen dari total penjualan AC Sharp. Itulah, yang membuat kami meluncurkan produk baru All New Sayonara Panas dengan vaarian 1/2 sampai 2 PK. Alasan lainnya, banyak konsumen Indonesia yang sudah peduli dengan kesehatan," tutup Frans

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)