Q1 2014, Layanan Data XL Tumbuh 30%

Tahun 2014 ini, PT XL Axiata Tbk. (XL) mengawali kinerja keuangannya dengan performa yang baik. Pencapaian yang baik tersebut dipicu oleh layanan data yang bertumbuh sangat agresif. Pada kuartal pertama 2014, XL mencetak pertumbuhan kinerja sebesar Rp 5,5 triliun atau tumbuh 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Resmi merger dengan AXIS, XL telah sukses melakukan migrasi lebih dari 50% pelanggan AXIS ke billing system XL, dan lebih dari 40% migrasi trafik dari AXIS telah diselesaikan.

Menurut siaran pers yang diterima MIX, pencapaian tersebut didominasi oleh pertumbuhan pendapatan layanan data pada kwartal pertama 2014 yang mencapai 30%. Sementara layanan voice dan SMS hanya tumbuh tipis, masing-masing 3% dan 2%. Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL, mengungkapkan bahwa pencapaian kinerja tersebut merupakan pertumbuhan terbaik untuk kinerja kuartal pertama dalam tiga tahun belakangan ini. “Bahkan, pertumbuhan XL melebihi pertumbuhan industri di kuartal pertama ini,” katanya. Hal itu ditandai dengan pelanggan data XL yang meningkat menjadi 37,5 juta pelanggan atau mencakup 55% dari total pelanggan XL. XL juga berhasil mendorong kembali pertumbuhan layanan voice dan SMS. Selama bertahun-tahun, XL telah melihat perkembangan perubahan minat dan gaya hidup pelanggan dari menggunakan feature phone menjadi smartphone, sehingga smartphone mengalami penetrasi yang signifikan. Hasilnya, pengguna smartphone XL mencapai 13,6 juta pelanggan atau 20% dari total pelanggan selama kuartal pertama 2014. Kehadiran AXIS sebagai anggota baru dari XL juga menambah warna baru bagi bisnis XL. “Kami telah resmi menandatangani transaksi akusisi AXIS pada 19 Maret 2014, dan diikuti dengan merger pada 8 April 2014. Sebagai hasilnya, XL dan AXIS sekarang resmi menjadi satu entitas bisnis,” tambah Hasnul. Usai merger, XL akan melanjutkan dengan proses integrasi yang akan berfokus pada migrasi di biling dan service, migrasi trafik, dan integrasi jaringan. “Sampai saat ini, kami telah menyelesaikan proses integrasi di jalur distribusi penjualan dan juga sumber daya manusia. Selain itu, XL telah sukses melakukan migrasi lebih dari 50% pelanggan AXIS ke billing system XL, dan lebih dari 40% migrasi trafik dari AXIS telah diselesaikan. Kami berharap proses integrasi ini dapat diselesaikan pada akhir tahun ini.” Hasnul berharap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)