Strategi Merancang Email Marketing

Menetapkan marketing goals merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh para marketers setiap tahunnya. Dengan adanya marketing goals yang ingin dicapai ini, para marketers akan lebih mudah mengukur kinerja maupun hasil yang didapatkan dari berbagai aktivitas marketing. Tidak hanya itu, marketing goals juga dapat membantu para marketers untuk lebih fokus serta termotivasi dalam mencapai target-targetnya.

email marketing

Salah satu marketing goals yang dapat dijadikan pertimbangan oleh para marketers adalah email marketing. Menurut Ryan Pinkham, seperti yang dikutip dari Forbes online, dengan memanfaatkan email marketing, para marketers dapat menyampaikan konten-konten mereka kepada para audiens nonprofit mereka, sehingga bisnis mereka akan semakin sukses.

Hal yang perlu dilakukan oleh para marketers adalah memperhatikan key metrics, seperti opens, clicks, dan list growth untuk melihat topik apa saja yang berhasil menarik minat dan engagement dari para audiens.

Dibutuhkan berbagia upaya dalam merancang email marketing perusahaan agar menjadi strategi marketing yang efektif. Berikut ini empat langkah yang dapat dilakukan agar email marketing yang dijalankan perusahaan dapat menjadi strateig yang efektif.

1. Meningkatkan Daftar Email (Email List) Email list merupakan salah satu sumber daya marketing yang paling berharga. Email list ini adalah orang-orang yang mendaftarkan diri untuk menerima setiap updates terbaru perusahaan Anda. Pada umumnya, email list ini merupakan konsumen yang pernah berbelanja di toko atau pernah melakukan bisnis dengan Anda.

Beberapa orang lainnya di dalam email list biasanya adalah orang yang benar-benar baru mengenal bisnis Anda, namun telah mendaftarkan diri untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perusahaan, bisnis Anda, serta bagaimana Anda dapat membantu mereka dalam memenuhi sebuah kebutuhan atau menyelesaikan masalah mereka.

Ada dua poin penting yang perlu diperhatikan agar email list tersebut dapat memberikan impact lebih besar bagi perusahaan Anda di tahun 2015 ini. Pertama, pastikan bahwa para audiens tidak kesulitan dalam mendaftarkan diri untuk menerima updates dari Anda, yakni dengan cara mengumpulkan alamat email setiap orang dengan menggunakan fitur sign-up sheet atau perangkat mobile, serta menambahkan fitur "sign-up form" di website maupun Facebook Page.

Kedua, pastikan bahwa audiens Anda memahami keuntungan-keuntungan yang mereka peroleh jika mereka melakukan sign up. Anda dapat melakukan modifikasi sign-up form untuk mendemonstrasikan keuntungan bagi audiens jika mereka mendaftarkan diri, misalnya berupa reward maupun bonus ekstra yang akan mereka peroleh.

2. Meningkatkan Email Open Rates Open rate merupakan salah satu matriks terbaik untuk mengukur efektivitas dari berbagai usaha email marketing yang telah dilakukan oleh Anda. Melalui fitur open rates ini, Anda dapat mengetahui berapa banyak penerima email Anda yang benar-benar membuka serta membaca konten yang dikirimkan oleh Anda. Semakin banyak orang yang membuka email, peluang mendapatkan hasil bisnis yang bagus pun semakin besar.

Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan open email rates. Pertama, untuk mendapatkan audiens yang benar-benar akan membaca setiap konten update dari perusahaan Anda, Anda perlu mendapatkan izin (permission) dari mereka sebelum menambahkan email mereka ke list Anda. Tidak hanya izin, Anda juga sebaiknya fokus untuk memberikan email-email yang dapat membuat para audiens merasakan benefit setelah memperoleh email dari Anda.

Kedua, pastikan untuk memakai "from name" dan "from email address" yang konsisten di setiap email. Hal itu bertujuan untuk membuat audiens mudah mengenail email Anda di antara puluhan atau ratusan email di Inbox mereka.

3. Meningkatkan Email Engagement Untuk mengetahui tingkat engagement dari audiens adalah melalui click-through rates. Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda dapat mengetahui berapa banyak subscriber yang terdorong untuk engage dengan konten Anda serta memiliki keinginan untuk membuka link yang diberikan. Semakin banyak orang yang click link Anda, maka akan membuat traffic di blog maupun website perusahaan Anda semakin tinggi, serta membuat jumlah orang yang registrasi di event-event Anda juga akan semakin tinggi.

Dua hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan email engagement. Pertama, desain dapat memiliki peranan penting dalam menentukan apakah orang akan tergerak untuk berinteraksi dengan Anda melalui email yang dikirimkan kepada mereka atau tidak. Para audiens yang menggunakan perangkat mobile ketika membacanya cenderung lebih tidak engage, karena terbatasnya ukuran layar yang membuat mereka kesulitan membaca email Anda. Untuk itu, Anda perlu untuk memastikan bahwa pesan yang Anda kirim memang sangat fokus.

Kedua, salah satu alasan yang membuat orang-orang tidak engage dengan email Anda adalah karena merasa bahwa kontennya tidak ada hubungannya dengan mereka. Oleh karena itu, Anda perlu untuk melihat "click reports" untuk melihat link manakah yang paling banyak mendapat perhatian dari audiens. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda memahami hal apa yang sebenarnya paling diminati oleh audiens Anda.

4. Meningkatkan Business Results Pada akhirnya, kesuksesan dari email marketing tidak diukur dari open dan clicks rate, namun berdasarkan dampak yang dihasilkan terhadap bisnis Anda. Antara lain, adanya peningkatan penjualan, bertambahnya klien baru, atau meningkatnya traffic di website perusahaan Anda.

Anda perlu untuk memperhatikan dua hal ini untuk meningkatkan hasil bisnis Anda. Pertama, pastikan bahwa Anda mengetahui goal dari email yang akan Anda buat untuk para audiens. Pada beberapa kasus, goal-nya dapat berupa respon langsung. Misalnya, meningkatnya penjualan atau membuat semakin banyak orang datang mengunjungi toko atau kantor Anda). Namun, di kasus lainnya, goal bisa fokus untuk tujuan jangka panjang, seperti meningkatkan awareness, meningkatkan loyalitas, dan sebagainya. Dengan mengetahui pasti goal yang ingin dicapai, Anda dapat membuat konten berkualitas baik.

Kedua, pastikan bahwa Anda menemukan cara termudah dalam mengukur hasil dari kampanye Anda, selain dari segi email marketing. Misalnya, perusahaan Anda menyertakan kupon pada email yang dikirimkan kepada mereka. Pastikan juga bahwa Anda mampu mengetahui berapa jumlah audiens yang benar-benar menggunakan kupon tersebut. Untuk kasus-kasus seperti itu, ada baiknya jika Anda menggunakan perangkat-perangkat terintergrasi guna menunjang bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)