MIX.co.id - QRIS (Quick Respons Code Indonesia Standard) menjadi salah satu pembayaran digital yang penggunaannya meningkat sangat signifikan. Data yang dirilis Bank Indonesia, menyebutkan bahwa per Mei 2022, terdapat 18,7 juta dari berbagai merchant termasuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang telah mengadopsi QRIS sebagai solusi pembayaran non-tunai.

Tak heran, jika saat ini, QRIS menjadi salah satu pembayaran digital yang digenjot pemerintah. PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin) Gemma Pratama, sebagai bagian dari Grup Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), misalnya, turut mendorong penggunaan QRIS melalui platform Xplorin.

Direktur Utama PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin) Gemma Pratama mengungkapkan, sudah sejak awal platform aplikasi Xplorin disiapkan untuk menjadi integrator utama terintegrasi, yang dapat berkolaborasi optimal dengan beragam mitra strategis berbasiskan digital. Hal ini sebagai bagian dari program pemulihan pariwisata Indonesia.

“Oleh karena itu, Xplorin turut berpartisipasi dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) yang digelar pada 11 – 15 Juli 2022. Kami memberikan materi showcase yang diharapkan dapat membantu wisatawan asing agar bisa bertransaksi menggunakan layanan pembayaran QRIS di manapun di seluruh Indonesia. Hal tersebut dapat dilakukan cukup mudah dengan melakukan aktivasi saldo uang elektronik di aplikasi Xplorin secara langsung hanya dengan menggunakan nomor telpon wisatawan asing yang bersangkutan dari negara manapun dirinya berasal,” papar Gemma.

Terkait pemaparan materi showcase tersebut, Xplorin berkolaborasi bersama dengan PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), perusahaan penyedia jasa solusi sistem pembayaran digital, untuk dapat memberikan layanan aktivasi uang elektronik bagi wisatawan asing di aplikasi Xplorin.

Xplorin juga berkolaborasi dengan PT Bali Hastie Indomalaya Valuta, salah satu perusahaan pedagang Valuta Asing (Money Changer) di Bali, untuk dapat langsung memudahkan para wisatawan asing untuk melakukan penukaran mata uang asing dengan mata uang rupiah, yang kemudian bisa di top up menjadi Saldo Uang Elektronik selama berlangsungnya FEKDI 2022. 

Dengan demikian, diharapkan para wisatawan asing dapat langsung merasakan beragam benefit dan kemudahan pembayaran QRIS di seluruh penjuru Indonesia melalui aplikasi Xplorin.

Sebelumnya, Xplorin sudah digunakan sebagai master ticketing platform dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, termasuk dalam penyelenggaraan Mandalika Track Walk di Sirkuit Pertamina Mandalika. Selain itu, Xplorin juga sedang kembali bersiap untuk dapat menfasilitasi penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2022 bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Dituturkan CEO Netzme Vicky G. Saputra, pada event FEKDI 2022 ini, kolaborasi strategis bersama dengan Xplorin diharapkan dapat menjadi showcase inovasi dan kolaborasi yang cukup menarik serta prospektif untuk dapat ditindaklanjuti dalam koridor sandbox Bank Indonesia, yang dapat lebih mendukung pemulihan pariwisata Indonesia lebih cepat lagi dengan memanfaatkan ekosistem QRIS, 

“Saat ini, QRIS merupakan salah satu sistem pembayaran non-tunai terluas di Indonesia, bahkan bukan tidak mungkin se-Asia Tenggara dalam waktu dekat, terlebih ketika implementasi QRIS Cross Border bisa semakin diperluas,” yakin Vicky.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)