Inilah Tim Sukses Strategi Corporate Endorsement Sinarmas Land

Siapa yang tak kenal Kota Wisata Cibubur, salah satu proyek properti milik Duta Pertiwi? Atau BSD City, properti andalan Bumi Serpong Damai (BSD)? Kedua proyek perumahan bergengsi itu pasti sudah sangat akrab di telinga warga Jabodetabek. Namun apakah masyarakat menyadari bahwa kedua proyek itu sejatinya berada di bawah payung yang sama, yaitu Sinarmas Land? Barangkali tidak, karena jarang konsumen yang peduli dengan siapa yang berada di balik sebuah produk.

Padahal, teorinya, corporate brand yang kuat akan lebih mudah untuk meng-endorse product brand yang dihasilkannya. Teori berikutnya, membesarkan dan memperkuat satu corporate brand akan lebih mudah dan murah ketimbang membangun beberapa corporate brand yang berada di bawah payung yang sama. Jadi, mengapa tidak membesarkan satu corporate brand yang menaungi anak-anak perusahaan agar produk yang dihasilkan bisa ter-endorse dengan lebih baik?

Menyadari hal itu, maka pada akhir 2010 manajemen Sinarmas Land mengambil langkah strategis dengan menetapkan kebijakan membangun brand Sinarmas Land sebagai bendera besar bagi setiap proyek yang digarap baik oleh Duta Pertiwi maupun BSD. Dengan mengandalkan ekuitas merek Sinasmas Land—yang dikomunikasikan dengan tagline“Building for a Better Future”, manajemen meyakini mereka bisa mempercepat proses brand awareness dan menancapkan brand image yang kuat untuk setiap proyek properti anyarnya serta menghemat biaya untuk membangun brand proyek tersebut.

Tim Corporate Communication & Marketing Sinarmas Land.

Maka kemudian pada 2011 grup perusahaan ini memasang target membangun brand awareness Sinarmas Land sebagai corporate identity dari setiap proyek milik Duta Pertiwi maupun BSD—yang kini jumlahnya sudah mencapai lebih dari 40 proyek properti. Selain itu, perusahaan juga menetapkan objektif menciptakan brand image bahwa Sinarmas Land adalah perusahaan terpercaya. Melalui kampanye yang akan dikembangkan kemudian itu, perusahaan ini berharap seluruh proyek properti yang di-endorse dengan brand Sinarmas Land menjadi jaminan mutu.

Untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut, Sinarmas Land lalu membentuk tim Corporate Communication & Marketing. Ishak Chandra selaku Managing Director Corporate Strategy Services Sinarmas Land mempercayakan posisi Head of Corporate Communication & Marketing kepada Cesar V. Munar Jr.

Di bawah komando Cesar, ada dua tim yang menjalankan dua misi besar. Untuk menjalankan misi besar pertama, yaitu merancang dan mengeksekusi kegiatan Above the Line (advertising) dan Below the Line (brand activation), Sinarmas Land membentuk tim Corporate Marketing. Sementara untuk menjalankan misi besar kedua, yaitu merencanakan dan mengimplementasikan agenda public relations (PR), digital communications (termasuk social media campaign), mengembangkan community marketing, dan menciptakan internal communication, Sinarmas Land membentuk tim Corporate Communication. Sementara, tim Corporate Marketing dipimpin oleh Bramamesta Bagjanata, sedangkan tim Corporate Communication dikomandoi Panji Himawan. Kedua tim sama-sama beranggotakan 17 personil.

Untuk menciptakan kekompakan di antara kedua tim—mengingat kekompakan merupakan salah satu kunci sukses perusahaan, Sinarmas Land menerapkan prinsip sinergi antar tim. “Itu artinya, kegiatan-kegiatan lintas divisi sangat diprioritaskan. Dan nilai-nilai one for all-all for one menjadi bagian dari semangat kerja kami,” tutur Cesar.

Setelah dibentuk pada akhir 2010, pada awal tahun berikutnya, segera saja tim ini bergerak. Perusahaan memfasilitasi komunikasi antar-personal tim dengan sarana intranet. Menurut Head of Corporate Communication Sinarmas Land Panji Himawan, melalui intranet, semua informasi seputar perusahaan dapat di-share ke seluruh tim Corporate Communication & Marketing maupun tim lainnya. Dengan begitu, keputusan bisnis pun dapat dengan mudah diambil.

“Komunikasi menjadi hal penting dalam menyatukan chemistry maupun menyamakan misi. Dengan demikian, membangun ekuitas merek Sinarmas Land serta mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan jauh lebih cepat,” tambah Bramamesta Bagjanata, Head of Corporate Marketing yang akrab disapa Bram.

Beruntung, menurut Bram, tim Sinarmas Land terdiri anak-anak muda yang energetic dan open minded. Dengan begitu, personil tim dapat bergerak cepat dalam menjalankan misi mereka. Bahkan, ketika perbedaan ide serta saling kritik mengemuka, tim dapat dengan mudahnya berdiskusi guna memperoleh kesepakatan bersama.

“Ini semua karena seluruh tim memiliki semangat yang open mind. Dengan latar belakang yang berbeda, kami percaya dapat saling melengkapi. Pada ujungnya, kami menuju ke result oriented dan college, dengan profesional atmosfer tetap kami pelihara,” ungkap Bram.

Cara lain untuk membuat tim semakin kompak adalah lewat kegiatan “Sinarmas Land Olympic”. Aktivitas internal itu mengundang seluruh personil dari semua divisi di Sinarmas Land untuk ikut berpartisipasi dalam kompetisi olahraga modern maupun tradisional. Mengapa sport dipilih sebagai perekat hubungan di antara mereka? Lantaran, melalui sport, kata Bram, pesan-pesan integritas, sportivitas, loyalitas, hingga team work dapat tertanam di setiap diri individu tim.

“Kami semua, termasuk Pak Cesar, turut berpartisipasi. Kompetisi basket, voli, futsal, hingga lomba bakiak, kami ikutan. Ini bisa menjadi ajang bagi kami untuk saling mengenal personil lintas divisi. Dengan saling kenal, tentu menjalankan strategi yang saling bersinergi dengan berbagai divisi menjadi lebih mudah dan cepat,” yakin Panji.

Untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang inovatif, menurut Bram, Sinarmas Land menggelar program rutin Knowledge Sharing, baik di divisi Corporate Communication & Marketing maupun lintas divisi. Lewat kegiatan itu, seluruh personil tim di-encourage untuk melakukan presentasi setiap bulannya sesuai expertise masing-masing.

Dengan strategi dan disiplin bekerja yang ketat, Corporate Communication & Marketing Sinarmas Land berhasil memetik sederet penghargaan: The Best Corporate Communication of The Year 2012, The Best Green Marketing 2013 dan The Best Marketing Campaign 2013. Pada tahun yang sama, Michael Widjaja selaku Group CEO Sinarmas Land menyabet penghargaan Marketer of The Year di industri properti. Selain itu, kata Panji, pada 2012, Sinarmas Land leading untuk coverage PR di Harian Kompas. “Pada 2013, coverage PR Sinas Mas Land tumbuh dua kali lipat,” tutup Panji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)