Medellin - Kota “Gembong Narkotika” Yang Berubah Jadi Kota Wisata

Pada 1980-an dan 1990-an Medellin dikenal sebagai “tidak aman.” Kota itu menyandang predikat tingkat pembunuhan tertinggi di Kolombia, bahkan salah satu yang tertinggi di dunia. Kini Midellin menjadi kota destinasi wisata kedua terbesar di Kolombia

Banyak literatur yang membahas tentang bagaimana memanipulasi image perkotaan melalui penggunaan seni dan unsur-unsur yang memerlukan identifikasi simbolis antara orang-orang dan tempat. Strategi ini menjadi alat yang dominan untuk meningkatkan daya tarik daerah bagi pengunjung dan investor.

Kebijakan publik yang bertujuan untuk mengatasi masalah permukiman informal telah ada sejak beberapa dekade di negara berkembang. Kebijakan awal berupa pembenahan permukiman kumuh dan produksi perumahan publik, melalui eksperimen dengan lokasi dan layanan serta proyek peningkatan fisik telah ada sejak tahun 1970-an.

Demikian pula dengan upaya neoliberal yang lebih baru untuk menghilangkan hambatan birokrasi dan memfasilitasi akses ke pasar perumahan melalui subsidi, juga sudah pernah diujicobakan. Hanya saja, semua pendekatan memiliki disajikan kapasitas terbatas untuk mengintegrasikan daerah kumuh ke kota formal.

Strategi revitalisasi yang berfokus terutama pada akses perumahan dan infrastruktur, tidak banyak yang secara tepat menangani masalah stigmatisasi sosial. Banyak yang terus mengaitkan daerah kumuh dengan kantong kemiskinan dan kekerasan, tanpa memberikan kontribusi positif pada pembangunan dan perkembangan kota.

Fenomena semacam itu semakin memperkuat stereotip tentang penghuni permukiman kumuh dan untuk melanggengkan pemisahan secara sosial diantara kota. Penduduk permukiman kumuh sendiri menyebut masalah ini sebagai tembok tak terlihat yang memisahkan mereka dari penduduk kota formal.

Namun demikian, tak semua pandangan itu sah. Strategi branding untuk mengembangkan tindakan yang menghasilkan dan menyebarluaskan makna baru untuk daerah kumuh, berdasarkan pada sejarah perlawanan mereka, produksi budaya dan asal-usul bersama warga bisa menjadi alternatif.

Dalam strategi ini, warisan budaya kumuh tak berwujud – yang sering diabaikan dalam kerangka kebijakan - digunakan untuk menghasilkan daerah kumuh yang dire-image untuk mengatasi stigma sosial.

Salah satu Negara yang berhasil mengubah imagenya dari kota yang dikenal kumuh banyak penjahat adalah Kolombia. Sejak tahun 2006, industri pariwisata Kolombia tumbuh lebih dari 300%.

Pada tahun  2006 terdapat sekitar 1 juta orang asing mengunjungi negara itu. Ibukota Kolombia, Bogota, secara tradisional menjadi tujuan paling populer, diikuti oleh kota pesisir Cartagena dan kota terbesar kedua di negara itu, Medellin.

Pada 1980-an dan 1990-an Medellin dikenal sebagai “tidak aman.” Kota itu menyandang predikat tingkat pembunuhan tertinggi di Kolombia, bahkan salah satu yang tertinggi di dunia. Tingkat kekerasan tersebut sering terjadi dan terutama terkait dengan permukiman informal.

Saat ini, tingkat kejahatan telah menurun secara dramatis, bahkan menjadi kota yang paling kompetitif di Kolombia dalam kategori kota bisnis dan pariwisata. Medellin banyak dikunjungi pada turis, peneliti dan pengambil kebijakan pembangunan kota untuk melihat transformasi baik fisik maupun sosial kota tersebut.

Medellin, dengan populasi 3.750.000 orang (termasuk wilayah metropolitan) terletak di sebuah lembah di sekitar Sungai Medellin's dan di atas pegunungan Andes di barat laut Kolombia.  

Kota ini memiliki iklim yang bersahabat dengan suhu antara 18 dan 28 derajat celcius sepanjang tahun. Seperti kota-kota lain di Kolombia, secara sosial sangat terpisah dengan populasi yang lebih kaya yang berlokasi di Timur dan lebih miskin di Barat.

Seperti ciri umum kota-kota Amerika Latin, Medellin memiliki wilayah besar yang dikembangkan secara informal, terutama terletak di pinggiran utara dan selatan Barat di atas pegunungan.

Sayangnya, Medellin pada 1980-an dan 1990-an menjadi terkenal karena para pengedar narkoba dan kegiatan kejahatan mereka. Siapa yang belum pernah mendengar gebong narkotik, Pablo Escobar? Pada masa-masa ini dikenal sebagai "tahun-tahun ketakutan".

Bagi banyak orang, transformasi Medellin dimulai dengan pemilihan Sergio Fajardo sebagai Walikota kota untuk 2004-2007. Fajardo, yang tahun 2013 menjadi Gubernur Provinsi Antioquia (dengan Medellin sebagai ibukotanya), adalah seorang ahli matematika dengan gelar PhD dari Universitas Wisconsin dan termasuk dalam partai hijau.

Program sosialnya, antara lain mengintervensi di lingkungan miskin dan penggunaan arsitektur berkualitas tinggi sebagai penggerak transformasi. "Bangunan kita yang paling indah harus berada di daerah kita yang paling miskin", kata Fajardo ketika dia menerima penghargaan "Curry Stone Design Prize " pada tahun 2009.

Penghargaan itu diterima Fajardo atas perencanaan dan pelaksanaan pekerjaan umum yang berani dan ambisius untuk kota Medellín di Kolombia. Program itu membantu merevitalisasi lingkungan termiskin dan mengubah apa yang dianggap sebagai kota paling mematikan di dunia menjadi pusat kota yang dinamis.  

Salah satu perubahan besar adalah fokus di daerah miskin, yang secara tradisional diabaikan dan dipinggirkan. Permukiman informal di Kolombia sebagian besar masih dipandang dengan sebelah mata dan sinis.

Tempat-tempat itu dikenal sebagai tempat-tempat yang penuh dengan masalah, kemiskinan dan keputusasaan, di mana ide-ide pemberantasan dan relokasi terus-menerus diperdengarkan.

Dalam hal ini implementasi pada tahun 2004 dari mobil kabel udara sebagai sistem transportasi umum yang terhubung ke jalur utama metro dan untuk mencapai barrios lereng bukit benar-benar sebuah revolusi.

Ini telah menarik perhatian luas dari otoritas kota di seluruh Amerika Latin, serta Eropa dan Asia. Brand dan Davila (2011) sempat mempertanyakan efek dalam hal mobilitas karena melayani kurang dari 10 persen perjalanan harian di barrios, tetapi mereka mengkonfirmasi manfaat besar dalam hal nilai simbolik:

Infrastruktur yang terlihat tinggi ini dan pengalaman estetika baik bagi penghuni dan pengunjung menciptakan perasaan inklusi dan integrasi ke kota modern, membantu mengembangkan kebanggaan lokal dan mempromosikan harga diri individu.

Perpustakaan, sekolah, dan ruang publik yang dibangun di barrio dan di tempat lain mengikuti ide yang sama, landmark dampak kuat yang dirancang oleh arsitek terkenal, memberikan nilai simbolis yang tinggi kepada penduduk, yang pada saat yang sama menarik perhatian pengunjung.

Transformasi Medellín bukan hanya karena infrastruktur, tetapi juga merupakan "hasil dari proses pematangan politik bersama dengan keterlibatan masyarakat sipil." Tim Fajardo yang memulai proses, tetapi mereka memperoleh kesinambungan dengan pemerintah dan birokrasi kota yang mungkin menjadi bagian dari jawaban untuk kesuksesan.

Kebijakan dan program awal difokuskan pada transparansi (perang melawan korupsi), partisipasi sosial, budaya warga negara (culturaciudadana), pendidikan, keamanan, dan ruang publik.

Selama bertahun-tahun, tema-tema ini dilengkapi dengan yang lain, seperti kemudahan mobilitas, rekreasi dan olahraga, pusat pembibitan berkualitas dan proyek integral perkotaan.

Ini tertuang dalam kebijakan proyek peningkatan perumahan di permukiman informal dengan penyediaan fasilitas perkotaan berkualitas (sekolah dan perpustakaan) ) dan ruang publik (taman, "cancha", jalan-jalan dan tangga kota dan mekanik.

Medellín melaksanakan banyak proyek sosial, ekonomi, dan perkotaan dalam delapan tahun terakhir. Outputnya adalah sebuah transformasi yang sekarang bisa dilihat sebagai contoh di negara dan di benua di dunia.

Medellin dalam waktu kurang dari satu dekade telah mengubah wajah, dari kota yang tidak aman dan penuh kekerasan menjadi tempat harapan dan minat.

Transformasi bukan hanya dapat diamati di kota dengan landmark yang telah mereka hasilkan, tetapi juga dalam perbaikan sosial. Masih banyak yang harus dilakukan, terutama dalam memerangi kemiskinan, mengurangi kesenjangan sosial dan menyediakan inklusi perkotaan dan sosial sepenuhnya. Tetapi bagi orang-orang Medellin mereka percaya bahwa mereka berada di jalan yang benar.

Jalan ini telah menjadi subjek yang menarik bagi pihak berwenang, akademisi, dan orang-orang biasa di negara ini dan orang luar yang mengunjungi Medellin untuk melihat secara langsung transformasi dan belajar dari pengalaman. Jalur ini disebut model Medellin atau model pengembangan integral Medellin; tetapi dalam kehidupan sehari-hari dikenal sebagai "urbanisme sosial".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)