MENGUKUR BRAND ENGAGEMENT MEREK INTERNET SERVICE PROVIDER

Ingin tahu brand jasa penyedia jasa jaringan internet yang keterikatannya dengan warganet paling kuat? Begini cara kami mengukur Indonesia Most Engaged Internet Services Provider Brand 2021.

Kali ini MIX MarComm bersama Ivosights mengukur keterikatan (brand engagement) merek penyedia jasa jaringan internet Indonesia dengan netizen (warganet). Pengukuran ini penting mengingat warganet saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 70% populasi warga negara Indonesia dan jumlahnya terus meningkat. Ditambah lagi, sifat mereka sebagai early adopter, mereka menjadi influencer yang cukup berpengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian warga lain pada umumnya.

Index pemeringkatan Brand Engagement ini disusun berdasarkan tiga proses, yaitu hasil penilaian Ripple10 Digital Listening Tools, hasil monitoring media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube), dan hasil monitoring Website masing-masing brand selama sebulan terakhir yang diharapkan menjadi representasi brand dalam mengelola interaksi mereka dengan warganet.

Ripple10 digunakan untuk mengukur: Potential Reach, yaitu potensi jangkauan setiap unggahan yang dipresentasikan oleh total followers setiap unique account yang berinteraksi dengan brand (yang memberikan like, comment, & share) di masing-masing media sosial (Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube); Total Stream atau total jumlah percakapan yang terjadi di masing-masing media sosial milik brand; dan Positif Tone, yaitu jumlah percakapan dengan sentimen positif dibagi dengan jumlah total percakapan. Sebagai catatan, Centang Biru atau akun yang terverifikasi juga ikut dihitung dan memberikan bobot pada penghitungan Index.

Social Media Monitoring dilakukan dengan melihat tingkat apresiasi audience (Applause) kepada setiap unggahan brand di media sosial, tingkat kerelaan audience membagikan kembali unggahan tersebut (Amplification), dan tingkat antusiasme audience dalam memberikan komentar atau tanggapan kepada konten yang diunggah (Conversation). Applause direpresentasikan dalam setiap sentuhan like di semua jenis media sosial. Amplification direpresentasikan dalam retweet di Twitter dan share di Facebook. Dan Conversation direpresentasikan dalam komentar (Comment di Instagram,YouTube, dan Facebook, serta Reply di Twitter).

Sedangkan Web performance diukur berdasarkan Total Visits, Avg. Visit Duration, Pages/Visit, dan Bounce Rate. Proses data crawling untuk berbagai penilaian kinerja tersebut dilakukan selama Juni dan Juli 2021.

Secara keseluruhan, Engagement Index dihitung berdasarkan agregate penilaian Ripple10 (bobot 25%), kinerja Facebook, YouTube, Twitter, dan Instagram (masing-masing bobotnya 15%), dan kinerja Website (bobot 15%).

Bersama Ivosights, pemilik Ripple10 Digital Listening Tool, Majalah MIX MarComm melakukan monitoring Engagement Rate terhadap kinerja 26 brands penyedia jasa jaringan internet Indonesia di kanal digital yang terdiri dari dua kategori, yaitu 10 brand selular (Mobile Broadband Internet) dan 16 brand Full Internet Servive Provider (Fixed Broadband Internet).

TOP 10 INDONESIA MOST ENGAGED INTERNET SERVICE PROVIDER BRANDS 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)